Melalui BLK, Disnakertrans Tanah Bumbu Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Melalui BLK, Disnakertrans Tanah Bumbu Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

FOTO bersama Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap II.| foto : istimewa

BATULICIN — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap II tahun 2023, di Digital Live Room Lantai 4 Kantor Bupati setempat, Selasa (16/5/2023).
 
Bupati Tanah Bumbu dr. H. M. Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BLK Riza Akhyari mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan pelatihan berbasis kompetensi di Bumi Bersujud. 
 
Riza Akhyari menyampaikan sebelumnya pihaknya juga telah melaksanakan program tersebut tahap pertama, terdiri dari enam paket pelatihan.
 
Paket pelatihan yang dimaksud diantaranya instalasi listrik bangunan sederhana, pengelola administrasi perkantoran, pembuatan roti dan kue, computer operator asisten, pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi, dan desain grafis muda.
 
"Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja, yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," ungkapnya.
 
Disamping itu, Instruktur Balai Latihan Kerja Catur Taesan menambahkan pelatihan berbasis kompetensi tahap II ini mengusung tema “Ujar Abah Belajar di BLK” dapat melahirkan para pekerja amanah dan berkah.
 
Dalam kesempatan itu peserta yang mengikuti pelatihan diberikan fasilitas seperti seragam, tas, dan uang pembinaan.
 
Ia mengungkapkan, pelatihan ini diberikan agar para peserta mampu bersaing di dunia pekerjaan. 
 
"Pelatihan ini dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan, serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat," harapnya.
 
Serta mendukung misi pemerintah daerah dalam mewujudkan SDM yang berkualitas, produktif dan berakhlak mulia.
 
Kegiatan tersebut dihadiri, pejabat di lingkup Pemkab Tanah Bumbu, Camat, Staf Khusus Bupati, Ketua Rumah Inspirasi Kreatif, Kepala Sekolah jenjang SLTA, para peserta pelatihan dan tamu undangan lainnya.[ade]

Lebih baru Lebih lama