Dispersip Kotabaru terus Kembangkan Minat Baca Anak

Dispersip Kotabaru terus Kembangkan Minat Baca Anak

KOTABARU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kotabaru menggelar pengembangan minat baca bagi anak-anak usia dini, di Ruang Baca Anak Dispersip Kotabaru, Selasa (23/5/2023).

Ini ditandai dengan layanan Bercerita Anak, di mana bertujuan untuk mengenalkan perpustakaan dan budaya membaca sejak usia dini TK maupun PAUD.

Kabid Layanan Dispersip Kotabaru, HA Khusairi mengatakan, Layanan Bercerita Anak ini dapat digunakan sebagai sarana dalam menanamkan kreativitas maupun kelancaran emosional anak, terutama pada usia dini, khususnya pada minat baca dan literasi.

"Kami berharap ke depannya dengan adanya minat baca anak, maka tujuan literasi kita tercapai, dan Layanan Bercerita Anak adalah cara mudah yang dilakukan untuk menyampaikan pangajaran maupun pesan," ucapnya.

Karena menurutnya, dengan bercerita anak secara tidak langsung anak akan mempelajari berbagai hal, agar anak-anak bebas memilih buku bacaan serta alat peraga permainan yang di sediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotabaru.

"Untuk itu, kami menyiapkan ruangan baca untuk anak serta menyediakan buku-buku bacaan, pengetahuan, maupun alat peragaan anak, dan buku bacaan bisa dibawa pulang atau dipinjam dengan catatan harus menjadi anggota perpustakaan lebih dahulu," ungkap Khusairi.

Kegiatan ini bahkan dilaksanakan 4 kali dalam 1 bulan dengan TK maupun PAUD yang  berbeda dalam wilayah Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulaulaut Sigam.

"Kami juga pada minggu ini berkesempatan untuk mendengarkan cerita anak yang dibawakan oleh salah satu Staf Dispersip Kotabaru Yudia Maskaralina, yakni TK Al-Kharomah dan PAUD Al-Izzah Kotabaru dengan judul cerita Kleo, Ayo Bersekolah," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama