Bawaslu Pulang Pisau Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Bawaslu Pulang Pisau Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

PULANG PISAU - Upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka  pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif tahun 2023 bersama stakeholder yang menjadi peserta tamu undangan pada kegiatan tersebut.

Sosialisasi berlangsung di Aula Bappedalitbang Jalan WAD Duha Komplek Perkantoran daerah setempat, Kamis (11/5/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau, Ubeng Itun melalui Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H), Roby Hudin SAg MM mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang telah berhadir di acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif ini.

"Terima kasih kepada peserta undangan, kegiatan ini bagian dari upaya kami (Bawaslu Pulang Pisau) untuk melakukan pencegahan yang dibantu pihak masyarakat, baik tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain sebagainya. Artinya, apabila di lingkungan masyarakat ditemukan kecurangan segera laporkan ke Bawaslu," kata Roby sapaan akrab Komisioner Divisi (HP2H) Bawaslu Pulang Pisau yang sekaligus membuka acara sosialisasi.

Dia menyebut, untuk menghasilkan Pemilu yang amanah dan bebas dari kecurangan tentu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, salah satunya memerlukan partisipasi masyarakat dalam pengawasannya sesuai dengan perundang-undangan yang melekat di Bawaslu.

Untuk diketahui, tambahnya, kewenangan utama dari Pengawas Pemilu menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 adalah untuk mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu, menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana pemilu, serta kode etik. 

"Termasuk melakukan pencegahan, peningkatkan dan penyelesaian sengketa pemilu. Sekali lagi kami ucapakan terimakasih kepada seluruh peserta, dan khususnya kepada para narasumber terdiri dari Kepala Kesbangpolinmas Pulang Pisau, Ketua Bawaslu Pulang Pisau, Perwakilan Bawaslu Provinsi Kalteng," tutupnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama