Bapenda Kotabaru Gencarkan Sosialisasi Perpajakan

Bapenda Kotabaru Gencarkan Sosialisasi Perpajakan

KOTABARU - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotabaru kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi perpajakan ke setiap perusahaan, salah satunya ke PT. Indonesia Bulk Terminal Mekar Putih Site (IBT) yang berada di wilayah Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Jumat (5/5/2023).

Usai sepekan lebaran, Kepala Bapenda Kotabaru, Drs. H. Akhmad Rivai melaksanakan kegiatan sosialisasi perpajakan ke setiap perusahaan, bahkan meski harus menempuh jarak puluhan kilometer dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan PAD Kotabaru, dengan cara melakukan evaluasi, sosialisasi pungutan perpajakan daerah di PT. IBT Mekar Putih Site Pulau Laut Tanjung Selayar.

Akhmad mengatakan, kedatangan mereka ke PT. IBT Mekar Putih Site di Desa Gusung Panjang untuk mensosialisasikan UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pajak dan Retribusi yang akan berlaku di bulan Januari tahun 2024 nanti.

Turut mendampingi dalam sosialisasi ini Kabid dan Staf, juga dihadiri HRD Supervisor PT. IBT Mekar Putih Site Kuat Suprianto beserta Staf GA, para manajemen, perwakilan Kecamatan Pulau Laut Barat, Midiansyah dan perwakilan Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Suhartati.

Selain sosialisasi, Bapenda juga melakukan evaluasi tentang apa saja yang menjadi kewajiban perusahaan terhadap pajak daerah, guna mendongkrak pendapatan daerah.

Ia meminta kepada manajemen perusahaan agar diarahkan untuk membayar pajak dibawah tanggal 15 agar tidak dikenakan denda.

PT. IBT Mekar Putih Site ini patut diberikan apresiasi, mengingat manajemen mereka selalu membayar pajak seperti penerangan jalan (Non PLN), pajak PBB-P2 dan pajak restoran dan juga Ini patut dicontoh bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kotabaru.

"Saya juga meminta agar ke depannya PT. IBT Mekar Putih Site, apa saja yang menjadi kewajiban perusahaan agar dapat diperhatikan," harap Akhmad Rivai.

Sementara itu, Manager PT IBT Mekar Putih Site melalui Kuat Suprianto mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kedatangan Kepala Bapenda Kotabaru.

"Kami juga mengapresiasi atas kegiatan sosialisasi ini, kami harapkan jangan hanya satu kali ini saja dilaksanakan. Kalau bisa berulang-ulang kali, sehingga hubungan silaturrahmi PT. IBT Mekar Putih Site Pulau Laut Tanjung Selayar dengan Bapenda Kotabaru makin erat. Dengan adanya sosialisasi ini kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi sekali," kata Kuat.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama