Tingkatkan Kualitas Kemasan, TP PKK Sungai Loban Gandeng PT. TIA Gelar Pelatihan untuk UP2K dan UMKM

Tingkatkan Kualitas Kemasan, TP PKK Sungai Loban Gandeng PT. TIA Gelar Pelatihan untuk UP2K dan UMKM

FOTO bersama pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Kemasan UP2K dan UMKM.| foto : istimewa

BATULICIN — Dalam rangka meningkatkan kualitas kemasan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sungai Loban, TP PKK Kecamatan Sungai Loban menggandeng PT. Tunas Inti Abadi (PT. TIA) menggelar Pelatihan UP2K dan UMKM, di Aula Kecamatan, Kamis (13/4/2023).

Dengan mendatangkan Narasumber dari Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu, dan peserta diikuti oleh Ketua TP PKK Desa, Ketua Pokja 2 dan Pelaku UP2K dan UMKM.

Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Loban Lasma Asih Agus Salim, S.Pd menyebutkan bahwa pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan perekonomian keluarga dan peningkatan kualitas produk maupun kemasan sehingga mampu bersaing dengan produk-produk unggulan dipasaran baik ditingkat Kecamatan, Kabupaten maupun Nasional.

"Kegiatan ini termasuk dalam 10 program PKK yaitu dengan mengembangkan serta menghidupkan kembali usaha-usaha pendapatan masyarakat yang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan keluarga," kata Lasma Asih.

Lasma Asih menjelaskan, bahwa tujuan UP2K adalah untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta serta memungkinkan timbulnya kegiatan yang bersifat kooperatif.

Selain itu tambahnya, Program UP2K merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga yang dicerminkan oleh meningkatnya kemampuan keluarga dalam memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Melalui pelatihan ini, peserta bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang tentunya diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk dan bersaing dipasaran," harapnya.

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang PT. TIA, Budi mengungkapkan melalui kolaborasi PKK Kecamatan bersama PT. TIA, manfaat pelatihan bisa dirasakan oleh semua kader di desa se-Kecamatan Sungai Loban.

"ketika pemasarannya sudah mencapai skala besar diharapkan cita rasa dan kualitas produk tetap dipertahankan, sehingga tidak mengurangi nilai jual atau jumlah pembeli," harap Budi.

Pelatihan dibuka oleh Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag,.M.A.P diwakili oleh Kepala Kasi Pelayanan Publik Syam'ani Noor didampingi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Loban, PT. TIA dan Ketua Pokja 2 Kecamatan.[ade]

Lebih baru Lebih lama