Pastikan Hygiene dan Layak, Dinas Kesehatan Kapuas Lakukan Inspeksi ke Dapur Rutan

Pastikan Hygiene dan Layak, Dinas Kesehatan Kapuas Lakukan Inspeksi ke Dapur Rutan

PETUGAS Dinkes Kapuas saat inspeksi kesehatan di Dapur Rutan Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Rumah Tahahan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas kedatangan Tim Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bidang Kesmas, Kesling dan Kesjaor, pada Kamis 30 Maret 2023.

Kunjungan oleh 4 petugas Dinkes Kapuas tersebut dalam rangkaian untuk melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan, yang merupakan salah persyaratan bagi Rutan Kapuas untuk memperoleh Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi (SLHS).

"Kegiatan Inspeksi itu dilakukan  pengambilan sampel makanan di dapur guna percepatan ijin kilinik dan dapur Rutan Kapuas yang Laik Hygiene,"  Kata Plt Kadinkes, dr Tonun  Irawaty Panjaitan, MM melalui Kabid Kesmas, Martono S.Kep MM, Minggu (2/4/2023) melalui pesan aplikasi.

Sebelumnya salah satu perwakilan Dinkes Kapuas, Suharni mengatakan, kondisi dapur sudah bersih, tidak terlihat ada lalat yang beterbangan, ada satu yang masih perlu dilengkapi yaitu plastik hitam sebagai pembungkus sampah yang masih belum ada.

"Tapi secara keseluruhan semuanya baik tinggal menunggu hasil dari laboratorium,” kata Suharni. 

Adapun sampel dari dapur yang diambil adalah, nasi, sayur, telur dan air dalam galon yang selanjutnya akan di periksa di Labkesda. 

Kepala Rutan Kapuas, Toni Aji Prayitno mengatakan bahwa giat tersebut merupakan wujud keseriusan Rutan Kelas IIB Kapuas untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan, menjaga kebersihan makanan yang diberikan bagi Warga Binaan. 

"Dengan makanan yang bersih dan bergizi akan meningkatkan kualitas kesehatan Warga Binaan," katanya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama