Desa Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi oleh Desa Hanjak Maju

Desa Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi oleh Desa Hanjak Maju

PULANG PISAU - Pemerintah Desa (Pemdes) Hanjak Maju di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau terpilih untuk mengikuti lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2023.

Itu disampaikan Kepala Desa Hanjak Maju Supiani kepada awak media, Senin (3/4/2023) di balai desa setempat.

"Kami dari pihak Pemdes tentu sangat bersyukur karena terpilih mengikuti lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Kalteng," ucap Supiani.

Dia menyebut, dalam rangka mengikuti lomba tersebut pihaknya sudah mempersiapkan dengan matang segala sesuai dan hal linnya, yang diantaranya dengan dukungan dinas-dinas terkait serta semangat pemdes bersama warga Desa Hanjak Maju.

"Desa kami masuk 5 besar Tingkat Provinsi Kalteng. Ini juga menjadi pengalaman kami, dimana kegiatan ini secara tidak langsung akan memotivasi untuk membangun desa, karena disini yang dari tidak tahun menjadi tahu dan yang tidak dimengerti menjadi mengerti," ujarnya.

"Ke depan atas bimbingan dinas-dinas terkait dan seluruh pihak lainnya, khususnya aparatur Desa Hanjak Maju beserta masyarakat desa ini akan lebih baik, maju dan berkembang," tutupnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dr H Bawa Budi Raharja melalui Sekretaris DP3AP2KB Ma'ruf Kurkhi mengucap syukur karena Kabupaten Pulang Pisau salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah yang dilintasi sebagai perwakilan provinsi untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

"Jadi tujuan dari kampung KB ini adalah untuk meningkatkan status desa dan sebagai percontohan perkampungan keluarga yang berkualitas dengan menjalankan 8 fungsi keluarga, diantaranya ada fungsi agama, pendidikan, reproduksi, lingkungan, gotong royong, keamanan," kata Ma'ruf saat menghadiri kegiatan tersebut.

Dia menyebut, Kabupaten Pulang Pisau sendiri hingga tahun 2023 ini memiliki 17 Kampung Keluarga Berkualitas yang tersebar di 8 kecamatan. 


"Setiap kecamatan ada 2 Kampung KB, hanya di kecamatan Maliku yang memiliki 3 kampung KB. Untuk Kecamatan Kahayan ada Desa Mantaren II dan Desa Hanjak Maju," ujarnya.

Ma'ruf berharap, meski kegiatan bersifat lomba, namun pihaknya berharap tujuan dari Kampung KB ini diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.


"Artinya, jangan hanya dianggap lomba saja, tetapi setelah selesai tidak diimplementasikan maksud dari tujuan Kampun KB ini. Nah, semoga setelah penilaian dari pihak provinsi hari ini, Desa Hanjak Maju memenuhi kriteria dan berhasil meraih juara pertama, nanti kalau kita jua 1 atau juara pertama akan diverifikasi lagi dari pusat di bulan Mei dan akan diumumkan juaranya di tingkat nasional pada momen Hari Keluarga Nasional bulan Juni 2023 nanti," ungkapnya.

"Kita tentu optimis dapat meraih yang terbaik setelah hari ini dilakukan penilaian dan dapat membawa nama harum daerah di tingkat Nasional. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada dinas, badan maupun instansi yang terlibat dalam kegiatan ini seperti DPMD, Bappedalitbang, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik), sehingga kegiatan ini berjalan sesuai harapan. Kalau Dinas DP3AP2KB sebagai koordinatornya," tambahnya.

Sementara perlu diketahui, kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti surat dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 929/PD.02.02/J2/2023 tanggal 20 Maret 2023, perihal penilaian lapangan dalam rangka Penguatan Kampung KB Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 dan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional Tanggal 29 Juni 2023 serta Apresiasi bagi pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas ditingkat Provinsi Kalimantan Tengah Melalui Pemilihan Kampung KB terbaik. 

Sehubungan dengan hal tersebut, Kepada Pemerintah Desa, Ketua BPD dan Anggota, Mantir Adat ,Kader PKK Kader Posyandu ,Petugas Perpustakaan, Karang Taruna, FKPM, Linmas Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan semua kelembagaan yang ada di desa, Ketua RT 01 hingga RT 14 Desa Hanjak Maju berhadir di kegiatan ini.[manan]

Lebih baru Lebih lama