Lima Kabupaten di Kalsel Rakor Penanganan dan Pengendalian Banjir, Pemkab Balangan Sarankan Ini

Lima Kabupaten di Kalsel Rakor Penanganan dan Pengendalian Banjir, Pemkab Balangan Sarankan Ini

LIMA Kabupaten di Kalsel gekar Rakor Penanganan dan Pengendalian Banjir.| foto : istimewa

PARINGIN - Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan dan pengendalian bencana banjir lintas Kabupaten, Pemkab Balangan memberikan saran pembuatan bendungan dan embung. 

Rakor dikuti lima Kabupaten di Kalimantan Selatan, yakni Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST), dan Hulu Sungai Selatan (HSS), Rabu 5 April 2023 di Mess Negara Dipa Pemkab HSU. 

Bupati Balangan, H Abdul Hadi, melalui Kepala Bappedalitbang Pemkab Balangan, Rahmadi Yusni mengatakan, setalah banjir di Balangan pasti dampaknya ke HSU. 

"Balangan itu ada dua sungai, yaitu sungai pitap dan sungai Balangan. Sumber terbesar pemasok banjir yg ad d balangan sungai Balangan, sedangkan sungai pitap masih dalam proses penyelesaian bendungan," jelasnya, Jumat (7/4/2023). 


Bagi Rahmadi, Pemkab Balangan memiliki pemikiran yang sama dalam penanganan dan pengendalian banjir dengan pembuatan embung dan bendungan. 

"Kami menyarankan pembuatan embung dan bendungan di daerah aliran Sungai di Balangan yakin di Daerah Kecamatan Halong dan Juai," sarannya.

Rahmadi berharap, dengan adanya embung dan bendungan di Daerah aliran sungai di Balangan nantinya dapat mengurangi dampak banjir yang terjadi. 

Ia berharap melalui Rakor tersebut dapat mencarikan solusi penanganan dan pengendalian bencana banjir lintas Kabupaten. 

Rakor dihadiri Pj. Bupati HSU, Bupati Tabalong, Perwakilan komisi II DPR RI, DPRD Kalsel, Kepala Bappedalitbang Balangan beserta jajaran, serta Forkopimda HSU, HST, HSS, Tabalong dan Balangan.[agus/adv]

Lebih baru Lebih lama