Kemajuan Daerah tak Lepas dari Kontrol Media Massa dan LSM

Kemajuan Daerah tak Lepas dari Kontrol Media Massa dan LSM

BUNTOK – Wakil Ketua I DPRD Barito Selatan (Barsel), Nyimas Artika berharap lembaga independen seperti wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ikut melaporkan apabila ada penyelewengan yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatannya.

Menurutnya, partisipasi insan pers dan LSM sangat diperlukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel, mengingat majunya suatu daerah tidak terlepas dari kontrol yang baik dari masyarakatnya.

"Sekarang ini zaman sudah terbuka, silakan sampaikan aspirasi wartawan dan LSM tentang kinerja pejabat yang diluar tugasnya," tutur Nyimas, Selasa (25/4/2023).

Ia menambahkan, insan pers dan LSM selaku lembaga independen dalam melakukan tugasnya juga bisa sebagai pemberi informasi baik untuk Pemkab maupun untuk publik.

"Kami siap menampung kritikan yang positif, sebab kritikan itu bisa berdampak baik untuk pembangunan daerah," jelasnya.

Karena, lanjutnya, fungsi kontrol dari media massa dan LSM sangat membantu dalam memberikan informasi bagi Inspektorat, apabila ada kesalahan dilakukan setiap OPD.

"Peran media massa dan LSM, tentunya sangat besar dalam membantu Pemkab Barsel untuk melakukan pengawasan, terhadap semua kinerja Organisasi Perangkat Daerah," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama