Lestarikan Budaya Banjar, Indocement Tarjun Gelar Pelatihan Batik Sasirangan bagi Warga Desa Mitranya

Lestarikan Budaya Banjar, Indocement Tarjun Gelar Pelatihan Batik Sasirangan bagi Warga Desa Mitranya

KOTABARU - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun menggelar pelatihan Community sebagai upaya melestarikan Budaya Banjar. Ini dilakukan juga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di Desa Pulau Panci.

Pelatihan sejak 18 Maret 2023 ini dibimbing oleh Instruktur Sahabat Sasirangan Kabupaten Kotabaru. Pelatihan Sasirangan ini dibuka langsung oleh Hadnadi, selaku CSR Section Head PT Indocement Tarjun.

Hadnadi menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi desa mitra perusahaan PT Indocement. Iya berterima kasih atas antusiasnya para peserta mengikuti pelatihan ini.

"Kami berharap semoga dengan adanya kegiatan ini tidak berhenti setelah selesai pelatihan, akan tetapi peserta terus melanjutkan kreativitasnya dalam membuat seni kain Sasirangan ini," harapnya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, 18 hingga 19 Maret 2023 di Aula Kantor Desa Pulau Panci, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Peserta pelatihan Community kain sasirangan ini didominasi oleh ibu-ibu rumah tangga sebanyak 10 orang, dengan materi pelatihan dasar pembuatan sasirangan yang diajarkan meliputi membuat pola atau bentuk gambar, cara mencampur bahan untuk pewarnaan, merajut dari benang, dan nama bahan pewarna serta komposisi bahan jenis kain untuk bahan pembuatan sasirangan," kata Hadnadi, Sabtu (25/3/2023).

Dalam kesempatan itu, salah satu peserta Community kain sasirangan, Jumahdalena dari Desa Pulau Panci mengucapkan terima kasih kepada PT. ITP Tarjun yang telah memberikan pelatihan ini.

"Semoga dengan mengikuti pelatihan Community ini, ke depannya kami bisa mengembangkannya menjadi pengrajin sasirangan dengan motif khas Kotabaru,” ucapnya.

Selain itu, mereka juga berharap bisa mencoba membuat sasirangan dengan pewarna alami sehingga lebih ramah lingkungan.

Senada, M. Syaifuddin selaku SHECSR Dept. Head menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada warga di Desa Binaan dalam program CSR tahun 2023 untuk melestarikan Budaya Batik Sasirangan khas Banjar.

"Saya berpesan semoga pelatihan ini dapat menumbuhkan pelaku UMKM baru serta meningkatkan perekonomian warga," tuturnya.

Setelah mengikuti pelatihan dasar membuat sasirangan ini, Ia berharap masing-masing peserta dapat membentuk kelompok dan mengembangkan usaha dengan tetap didampingi serta terus berkoordinasi dan komunikasi bersama Tim Instruktur Sahabat Sasirangan Kotabaru.

"Dan jika ada perihal lain yang diperlukan atau terkendala dalam penerapan di tempat masing-masing," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama