Legislator Barsel Ini Imbau Masyarakat Waspada DBD

Legislator Barsel Ini Imbau Masyarakat Waspada DBD

BUNTOK - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Enung Irawati mengimbau kepada masyarakat di daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dalam beberapa hari terakhir, Kota Buntok terus diguyur hujan dengan intensitas tinggi, sehingga masyarakat harus waspada terhadap dampak musim hujan. 

"Yang sering menyebabkan penyakit DBD muncul. Agar terbebas dari penularan dan penyebaran penyakit DBD, maka perlu adanya upaya pencegahan dengan berbagai cara," ucap Enung, Senin (27/3/2023).

Menurut wakil rakyat ini, menjaga kebersihan lingkungan baik di rumah sendiri maupun komplek pemukiman warga itu sangat penting.

Ini untuk mencegah munculnya wabah DBD yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Setiap warga, juga dapat melakukan upaya pencegahan dengan menjalankan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah atau penampungan air.  

"Dan mengubur barang-barang bekas yang terdapat di lingkungan tempat tinggal. Penting untuk diketahui bersama bahwa efek DBD sangat kompleks karena menyangkut semua aspek, sehingga memerlukan penanganan multi-sektor serta kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama