Kalangan Milenial Kembangkan UMKM Diapresiasi Ketua Dekranasda Kalteng

IVO Sugianto saat menjadi narasumber talk show bertajuk  muda berkarya UMKM bangkit berjaya.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari kaum milenial yang memanfaatkan teknologi untuk dijadikan peluang berusaha, mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi narasumber pada Talk Show bertajuk "Muda Berkarya UMKM Bangkit Berjaya" yang berlangsung di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Rabu (15/3/2023).

"Potensi UMKM di Bumi Tambun Bungai ini sangat luar biasa. Menurut data dari Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, jumlah UMKM yang terdata di Provinsi Kalimantan Tengah ada 121.400 lebih dan 65 persen pelaku UMKM perempuan," ungkapnya.

Dalam rangka pemulihan ekonomi, sebutnya, Dekranasda Kalteng bersama instansi terkait telah mengadakan pameran baik itu di luar Kalteng dan pameran di area Kalteng.

"Potensi produk UMKM di Kalimantan Tengah cukup diminati dan keberadaan UMKM menjadi salah satu penopang perekonomian dengan menyerap tenaga kerja sedemikian besar," tutupnya.

Ia menambahkan bahwa UMKM yang terdata sebagian besar dari kalangan generasi milenial.

"Saya bangga anak-anak muda di Kalimantan Tengah selain turut berpartisipasi yang penting adalah perilaku kolektif dari mereka untuk bisa saling menginsiprasi. Kemajuan teknologi informasi saat ini selayaknya mampu membuka cara berpikir generasi muda untuk dijadikan peluang berusaha," tandasnya.[kenedy/adv]

loading...