Gelar Festival Gebyar Ramadhan, Pemkab Kotabaru Tingkatkan Ekonomi Masyarakat melalui UMKM

Gelar Festival Gebyar Ramadhan, Pemkab Kotabaru Tingkatkan Ekonomi Masyarakat melalui UMKM

KOTABARU - Festival Gebyar Ramadhan 1444 H/ 2023 M digelar Pemerintah Kabupaten Kotabaru di lokasi wisata Siring Laut Kotabaru, Kamis (23/3/2023). Selain menyemarakkan bulan puasa, event ini bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui UMKM. 

"Sebagai umat Islam, mari kita tingkatkan dan sambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita yang diisi dengan kegiatan positif, salah satunya melalui Gebyar Ramadhan Kotabaru dari awal hingga akhir ramadhan," tutur Bupati Kotabaru, Sayed Jafar yang resmi membuka Gebyar Ramadhan 2023 ini.

Sayed berharap melalui momentum ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kotabaru berbagai kegiatan islami. Ia juga meminta kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan kegiatan perekonomian masyarakat atau mengadakan sajian pasar wadai.

"Kami berpesan semoga dalam melaksanakan kegiatan ini dapat berjalan dengan damai dan lancar, karena kita sebagai umat islam tentu cinta damai, Saya juga mengajak kepada seluruh pedagang untuk selalu menjaga kebersihan," harapnya. 

Para pedagang juga diminta selalu menjaga kebersihannya. Siring Laut dipilih sebagai lokasi event, dikarenakan tempat parkirnya yang sangat luas dan cocok untuk ditempati pasar wadai, dan disediakan fasilitas yang lengkap mulai dari berbuka hingga samapai malam hari. 

"Juga disediakan tempat untuk sholat, wudhu sekaligus meningkatkan pariwisata yang ada," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kotabaru, H Hardani dalam laporannya menyampaikan, Festival Gebyar Ramadhan Kotabaru 1444 H tahun 2023 ini dilaksanakan dari 23 Maret hingga 20 April 2023 dengan berbagai kegiatan Islami, yang dimeriahkan oleh 22 stand Kecamatan dalam memperkenalkan UMKM nya masing-masing.

Gebyar Ramadhan ini diikuti sebanyak 72 peserta dari 36 tenda yang menjual berupa kue basah, kue khas ramadhan, sayur masak dan lainnya. Stand ini semua digratiskan tidak memungut biaya, mengingat kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Kotabaru dalam meningkatkan pendapatan daerah serta peningkatan pariwisata.

"Selain pasar wadai dan Bazaar UMKM, kami juga ada melaksanakan hiburan Islami seperti musik religi, tausiyah atau kultum, lomba imtaq, lomba fashion sasirangan, lomba parcel ramadhan, lomba desain busana muslim dan lomba bagarakan sahur, lomba tari rudat," bebernya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama