Dislutkan Kalteng Raih Penghargaan Satker Pelaksana Data dan Statistik Perikanan Tangkap

Dislutkan Kalteng Raih Penghargaan Satker Pelaksana Data dan Statistik Perikanan Tangkap

PENGHARGAAN Terbaik II Pemenuhan Data dan Statistik DJPT KKP tahun 2022.| foto : Dislutkan Kalteng

PALANGKA RAYA - Prestasi yang membanggakan diraih Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Tahun 2023 ini.

Prestasi yang membanggakan dengan meraih predikat terbaik II se-Indonesia sebagai Satker Pelaksana Data dan Statistik Perikanan Tangkap Tahun 2022. 

Penghargaan tersebut diumumkan pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) tahun 2023 yang berlangsung di kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, Senin (20/3/2023).

Rakernis DJPT ini diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tanggal 18 hingga 21 Maret 2023.

Kegiatan yang bertajuk Sinergi dan Kolaborasi Para Pemangku Kepentingan dalam Melaksanakan Reformasi Tata Kelola Perikanan Nasional melalui Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur (PIT) dan dibuka secara langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KPRI), Sakti Wahyu Trenggono.

Pada kesempatan itu pula Menteri KP menyerahkan penghargaan kepada 3 Provinsi terbaik yang diwakili oleh Kepala Sub Pokja Data Perikanan Tangkap DJPT KKP Muhammad Anas.

Kepala Dislutkan Kalteng Darliansjah mengatakan bahwa Provinsi Kalteng akan selalu berkomitmen penuh dalam mendukung pemenuhan Data dan Statistik Perikanan Tangkap guna mendorong dan meningkatkan reformasi tata kelola perikanan tangkap khususnya di wilayah Kalteng melalui kebijakan PIT, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan dan kelestarian sumber daya ikan.

"Kebijakan PIT ini dapat terlaksana dengan optimal berdasarkan data dan statistik perikanan tangkap yang meliputi data jumlah nelayan produksi, data kapal perikanan, dan data alat tangkap," jelasnya.

Hal tersebut, bebernya, akan memudahkan dalam pembagian kuota tangkap sesuai kebutuhan sehingga kebutuhan data dan statisitik perikanan tangkap menjadi kebutuhan penting dalam pengambilan keputusan.

"Sesuai dengan pesan bapak Gubernur bahwa dalam pengelolaan perikanan tangkap di wilayah Kalteng, Pemprov melalui Dislutkan akan berkomitmen untuk mendukung dan membantu nelayan dalam kelancaran dan keberlangsungan usaha penangkapan ikan melalui kemudahan memperoleh perizinan usaha perikanan tangkap guna meningkatkan tingkat kesejahteraan nelayan kecil Kalteng serta keberlanjutan sumberdaya ikan," tutupnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama