Bupati Sayed Orasi Ilmiah di Hadapan Ratusan Wisudawan Universitas DR Soetomo Surabaya

Bupati Sayed Orasi Ilmiah di Hadapan Ratusan Wisudawan Universitas DR Soetomo Surabaya

SURABAYA - Usai menerima penghargaan dari Universitas DR Soetomo Surabaya, Bupati Kabupaten Kotabaru, Sayed Jafar melakukan orasi ilmiah di hadapan ratusan wisudawan Universitas DR. Soetomo Surabaya, tepat di acara wisuda semester gasal tahun akademik 2022/2023 di Dyandra Convention Hall Surabaya Jawa Timur, Sabtu 11 Maret 2023.

Sebelum memulai orasi di hadapan ratusan mahasiswa, Bupati Sayed menayangkan video pembangunan serta destinasi wisata unggulan yang membikin kagum seluruh undangan yang hadir, dan melihat langsung suguhan keindahan pariwisata yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Mengawali orasinya, Bupati Sayed tidak lupa mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan Universitas DR. Soetomo.

"Jangan lupakan dan selalu ingat dengan jasa orang tua, dosen maupun pihak-pihak yang sudah mensupport pendidikan kalian semua. Jangan abaikan peran serta dari Tuhan yang Maha Esa dalam proses sulit yang telah kita lalui, alhamdulilah bahwa saya juga berbahagia karena dapat berhadir pada kesempatan ini," tuturnya.

Ia mengingatkan akan perjuangan keras dan tidak kenal lelah saat saya berjualan es di waktu kecil. Ini menjadi pembelajaran untuk tahu dan paham dalam semua kehidupan serta modal terpenting dalam kehidupan.

Sayed menambahkan, luas area Kabupaten Kotabaru 9.442 kilometer persegi atau setara dengan hampir 29 kali luas Kota Surabaya yang memiliki 117 Pulau, sehingga menjadikan Kabupaten Kotabaru adalah Kabupaten terluas di Kalimantan Selatan.

"Dengan Wilayah Kabupaten Kotabaru mencapai seperempat luas wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, oleh karena itu, sebagai pemimpin Kepala Daerah di Kabupaten Kotabaru yang memiliki tantangan tidak sedikit," katanya.

Ia menjelaskan, jauh sebelum penentuan lokasi Definitif Calon Ibu Kota pengganti Jakarta (IKN), pengembangan pariwisata di Kabupaten Kotabaru kini sudah muncul, bukan perkara mudah untuk mewujudkan ide tersebut di saat warga dan jajaran birokrasi terbuai dengan kejayaan tambang.

"Untuk itu, harus diakui, memang hasil tambang sangat besar memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah. namun di sisi lain harus kita terima juga, dampak kerusakan lingkungan dan kesehatan rakyat," tuturnya.

Melihat karunia indah yang diberikan Allah terhadap Kotabaru, lanjutnya, dengan keelokan pantai, gunung, lembah serta keagungan budaya warisan leluhur, yang harus dilestarikan dan dimaksimalkan. maka di masa kepemimpinannya, kini Kabupaten Kotabaru telah bertransformasi dengan pengembangan pariwisata yang kokoh dan jika pemindahan Pemerintahan Pusat ke IKN yang akan dimulai 2024 nanti.

"Kabupaten Kotabaru telah siap menjadi penyangga pariwisata mengingat, sektor pariwisata menjadi visi utama Pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Kotabaru yang sejahtera. Untuk itu, kami mohon dukungan seluruh pihak agar Kabupaten Kotabaru dapat menjadi daerah tujuan Wisata Nasional dan bahkan Internasional," harapnya.

Dengan puluhan destinasi wisata unggulan yang ada di Kotabaru seperti pantai Gedambaan, Pantai Teluk Tamiang, dan Tanjung Kunyit, serta Ekowisata Gunung Meranti, Samber Gelap, Bukit Mamake-Bapake, Geosite Meratus, Goa Lowo, dan lainnya dapat bertransformasi menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.

Di akhir orasi, Bupati Sayed mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada pihak Yayasan Pendidikan Cendekia Utama, Rektor dan para Wakil Rektor serta jajaran pengajar dan karyawan, atas pemberian Anugrah penghargaan sebagai Pelopor pengembangan pariwisata di Kabupaten Kotabaru melalui transformasi komunikasi digital.

Dengan penghargaan yang telah diberikan Universitas DR Soetomo pada hari ini menjadi penyemangat baginya, serta jajaran birokrasi di Pemerintah Kabupaten Kotabaru. pelaku pariwisata serta warga Kotabaru untuk terus maju dalam mengembangkan pariwisata di Bumi Saijaan.

Selanjutnya, Sayed Jafar memberikan apresiasi kepada 8 wisudawan terbaik Unitomo untuk menikmati berwisata ke Kabupaten Kotabaru.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama