BPBD Kapuas Tindak Lanjuti Laporan Munculnya Semburan Lumpur

BPBD Kapuas Tindak Lanjuti Laporan Munculnya Semburan Lumpur

BPBD Kapuas cek semburan lumpur yang muncul.| foto : bpbdkps

KUALA KAPUAS - Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Kalteng, melakukan pengecekan kondisi semburan lumpur yang terjadi di Komplek perumahan kota di Jalan lintas Mandomai - Kapuas, Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, pihaknya menerima laporan warga pada Kamis, 23 Maret 2023.

"Berdasarkan laporan yang diterima sekitar pukul 12:55 WIB. Sebelumnya berdasarkan keterangan pemilik tanah Atas nama Suriato bahwa pada tanggal 23 Maret 2023 sedang melakukan pekerjaan pembuatan sumur bor, kedalaman pipa pengeboran sudah mencapai sekitar 96 meter ke bawah tanah namun air bersih tidak dapat ditemukan, karena hal tersebut pengeboran akan dipindahkan ketempat lain di sekitar lokasi pengeboran awal," terang Panahatan Sinaga, Sabtu (25/3/2023).

Selanjutnya pada Jumat  24 Maret 2023 sekitar pukul 03:00 WIB dini hari lubang sumur bor tersebut menyemburkan material berupa pasir dan lumpur sampai dengan pukul 09:00 WIB semburan berhenti.

Kemudian kembali menyemburkan sekitar pukul 11:00 WIB dengan tekanan rendah.
Hasil pengecekan TRC BPBD Kabupaten Kapuas bahwa semburan lumpur tersebut tidak mengeluarkan bau gas atau belerang pada saat dilakukan pengecekan. 

"Jadi kami mengimbau masyarakat sekitar pemukiman dan melaporkan kejadian ini ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas," pungkasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama