Bersama Polres Barsel, Rutan Kelas ll B Buntok Gelar OPG

Bersama Polres Barsel, Rutan Kelas ll B Buntok Gelar OPG

BUNTOK - Menandai Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas ll B Buntok menggelar Operasi Penggeledahan Gabungan (OPG) bersama Polres Barito Selatan (Barsel), Jumat (17/3/2023) malam.

Dalam kegitan OPG tersebut, didukung penuh oleh Aparat Penegak Hukum (APH). Salah satu agendanya adalah bersih-bersih, berupa razia dalam Rutan Kelas ll B Buntok.

Dalam razia tersebut, petugas gabungan langsung melakukan penggeledahan di seluruh blok hunian. Para WBP diminta untuk menghadap ke dinding kemudian petugas menggeledah semua bagian kamar hunian. 

Selain kamar hunian laki-laki, personel Polwan bersama petugas wanita juga memeriksa kamar hunian perempuan.

OPG dipimpin  lansung  Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kalimantan Tengah (Kelteng), Hendra Ekaputra, didampingi Kepala Rutan Buntok, Sinardi serta Kapolres Barsel, AKBP Yusfandi Usman dan Anggota Rutan plus Anggota Polres setempat.

Kanwil Kemenkumham Kalteng, Hendra mengatakan, giat ini dilakukan dalam rangka ulang tahun ke-59 Lembaga Pemasyarakatan. Bersih-bersih berupa razia di Rutan Kelas ll Buntok ini bersinergi bersama  Rutan dan Polrse Barsel sebagai bentuk kerjasama yang baik.

"Kita benar-benar bersih-bersih benda terlarang di dalam Rutan ini, seperti narkoba, HP dan lain-lainnya," ucapnya.

Saat ditanya apa saja yang ditemukan dalam sel Rutan tersebut, Ia mengungkapkan, ada gunting dan korek api.

"Benda tersebut enggak terlalu berbahaya," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Barsel, AKBP Yusfandi Usman menerangkan, razia yang dilaksanakan serentak ini dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 yang akan diperingati tanggal 27 April 2023 mendatang.

"Selain itu, dilaksanakannya razia ini bertujuan menjaga ketertiban dan keamanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sekaligus menghindari masuknya barang-barang terlarang," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama