Terima Bantuan Beras dari Pemkab Pulang Pisau, Warga Nelayan Sei Hambawang Ucapkan Terima Kasih

Terima Bantuan Beras dari Pemkab Pulang Pisau, Warga Nelayan Sei Hambawang Ucapkan Terima Kasih

PULANG PISAU - Warga di Desa Sei Hambawang, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), mendapat bantuan beras dari pemerintah daerah setempat.

Bantuan sembako berupa beras tersebut disalurkan kepada ratusan warga nelayan terdampak cuaca ekstrem.

Kepala Desa Sei Hambawang, Dawarta melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Rapani mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Pulang Pisau melalui dinas terkaitnya, dalam hal ini Dinas Sosial dan BPBD.

"Mewakili ratusan warga nelayan, Pemdes Sei Hambawang berterimakasih kepada Dinsos dan BPBD atas bantuan ini," ucap Pani sapaan akrab Sekdes Sei Hambawang, Kamis (16/2/2023).

Dikatakan Pani, bantuan bagi warga nelayan terdampak cuaca ekstrem ini akibat warga tidak bisa melaut untuk mencari tangkapan ikan. 

"Akibatnya mereka (para nelayan) pendapatan sangat berkurang, hingga sebagian warga harus kerja sebagai buruh di perusahan sawit," ujarnya. 

Bantuan beras khusus untuk warga nelayan Sei Hambawang ini, sebut Pani, disalurkan sebanyak 4,5 ton dengan total penerima kurang lebih 280 kepala keluarga (KK). 

"Jadi, saat ini warga nelayan kita ketika melaut saat musim panas saat tidak ada angin disertai gelombang besar. Seharusnya bulan dua ini bisa melaut. Namun cuaca tidak menentu, kadang gelombang besar kadang tidak ada," ungkapnya.

Sementara informasi dihimpun awak media ini, penyaluran bantuan beras ke warga terdampak cuaca ekstrem disalurkan di dua kecamatan meliputi Kecamatan Sebangau Kuala di Desa Bakau dan Sei Hambawang dan Kecamatan Kahayan Kuala di Desa Kiapak dan Desa Cemantan.

Bantuan sembako ini pun disalurkan setelah ditetapkannya status darurat bencana cuaca ekstrim oleh Bupati Pulang, Pisau Pudjirustaty Narang terhitung mulai 30 Januari hingga 12 Februari 2023. 

Melalui Dinas Sosial daerah setempat sudah  menyalurkan bantuan beras kepada 4.225 Jiwa terdampak bencana cuaca ekstrim di beberapa wilayah tersebut.[manan]

Lebih baru Lebih lama