Simak Manfaat Mainan Edukasi untuk Asah Otak Si Kecil

Simak Manfaat Mainan Edukasi untuk Asah Otak Si Kecil


Source: pexels.com/Mikhail Nilov - https://www.pexels.com/photo/girl-wearing-silver-bracelet-holding-wooden-constructor-blocks-7780770/

KECENDRUNGAN anak bermain gadget membuat banyak orang tua merasa khawatir. Sebagian dari mereka mulai membiasakan anaknya memainkan mainan edukasi anak. Bagi anak yang masih dalam masa pertumbuhan, manfaat mainan edukasi tentunya akan sangat dirasakan.

Karena sejatinya mainan edukasi anak tidak hanya dirancang sebagai hiburan, namun memiliki banyak kegunaan lainnya. Khususnya yang bertujuan untuk membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Maka tidak perlu minder jika Anda termasuk orang tua yang memilihkan permainan edukasi bagi anak.

Manfaat Mainan Edukasi untuk Kecerdasan Otak Anak

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan mainan edukasi untuk buah hati, berikut kami jabarkan beberapa manfaat mainan edukasi bagi kecerdasan anak, yaitu:

1. Melatih Kreativitas

Salah satu tujuan utama permainan edukasi anak adalah membangun kreativitas si kecil. Beberapa permainan yang mengajarkan tentang warna, bentuk dan tekstur akan melatih daya ingat anak. Selain itu menemani anak bermain juga akan membantunya berpikir lebih kreatif dan cepat memahami petunjuk. Itu akan mengasah kemampuannya berimajinasi.

2. Mengasah Kognitif Anak

Pada anak di usia tertentu, permainan seperti puzzle, deretan angka dan kata akan melatih saraf kognitif anak. Dengan jenis permainan seperti itu, mereka akan lebih cepat tanggap, dan mudah mencari solusi serta melatih kemampuan problem solving ketika menghadapi masalah.

3. Melatih Motorik Anak

Selain mengasah kemampuan kognitif, permainan edukasi anak juga berperan penting dalam melatih motorik si kecil. Permainan seperti alat musik, menulis dan menggambar, akan melatih anak berkonsentrasi, menyeimbangan pergerakan tangan dan mata. Sehingga anak akan semakin aktif bergerak.

4. Melatih Kemampuan Sosialisasi

Mainan edukasi anak umumnya dirancang agar bisa dimainkan bersama. Entah itu bersama orang tua, saudara maupun teman. Dengan begitu, anak akan terlatih bersosialisasi dan bekerjasama. Tak hanya itu, menyelesaikan permainan bersama-sama juga akan melatih anak untuk bersabar, meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi.

5. Membangun Kecerdasan Emosional

Kebersamaan yang tercipta dari seringnya anak bermain dengan teman atau saudaranya, akan membuat anak tersebut terlatih secara emosional. Ketika bermain tentunya anak akan merasakan berbagai perasaan, baik itu perasaan yang positif maupun negatif.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Beberapa permainan edukasi seperti puzzle dapat membantu anak melatih kemampuan konsentrasi. Dalam permainan tersebut, anak akan dilatih untuk menyelaraskan setiap potongan puzzle hingga menjadi sebuah puzzle utuh. Itu akan membuat daya pikir terasah dengan baik.

Setelah menyimak penjelasan di atas, Anda pasti semakin yakin untuk memberikan mainan edukasi pada kesayangan Anda. Jika Anda berniat membelikan produk permainan edukasi anak terbaik, Anda bisa mencoba memberikan anak Anda permainan edukasi dari Produk Mattel yang ada di Blibli.

Ada banyak permainan edukasi anak yang bisa Anda pilih. Bisa disesuaikan dengan usia dan kesukaan anak Anda. Selain itu dengan berbelanja di Blibli, Anda akan mendapatkan jaminan produk original dan berkualitas. Karena Blibli berkomitmen memberikan Anda pengalaman berbelanja aman, murah dan menyenangkan.

Berbelanja di official store akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Selain mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, Anda juga akan mendapat penawaran harga menarik. Jadi tinggal memilih permainan edukasi seperti apa yang ingin dibeli untuk buah hati Anda tercinta.

Anda juga bisa meminta pendapat si kecil mengenai permainan yang ia inginkan. Dengan begitu ia akan merasa senang dan diberikan kesempatan berpendapat mengenai apa yang diinginkan dan tidak diinginkannya.


Lebih baru Lebih lama