Gerakan Penanaman 1000 Pohon Serentak, Pemprov Kalteng Tanam Durian Gelapir

Gerakan Penanaman 1000 Pohon Serentak, Pemprov Kalteng Tanam Durian Gelapir

KETUA TP PKK Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Secara virtual dari UPT Balai Pengujian Mutu Pakan, Pembibitan dan Hijauan Makanan Ternak (BPMPPHMT) jalan Tjilik Riwut Km 38 Palangka Raya, Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menghadiri kegiatan Gerakan Penanaman 1000 Pohon Serentak oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Ma'ruf Amin.

Kegiatan Gerakan Penanaman 1000 Pohon Serentak tersebut dilaksanakan secara hybrid dan dipusatkan di Magelang Provinsi Jawa Tengah, Rabu (1/2/2023).

Dalam kegiatan penanaman itu, ungkap Ivo, Pemprov Kalteng menanam durian varietas Gelapir sebanyak 1000 bibit. 

"Kegiatan ini salah satunya untuk penghijauan. Kita secara simbolis menanam 100 pohon durian. Kenapa kita pilih durian, karena ketentuannya yang ditanam harus tanaman kayu. Durian ini juga bisa kita manfaatkan buahnya," ungkapnya.

Selain durian, urainya, beberapa waktu lalu di lokasi sekitar juga ditanam berbagai sayuran dan hortikultura. 

"Diharapkan nantinya semua itu bisa terintegrasi dan dilakukan pengembangan lebih lanjut agar bisa dimanfaatkan sebagai tanaman sayur, kayu, dan hortikultura. Selain itu juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat agrowisata," tuturnya.

Ia menyatakan bahwa Pemprov Kalteng akan menggandeng kelompok tani sekitar untuk merawat tanaman-tanaman tersebut. 

"Dengan adanya lokasi pertanaman di UPT BPMPPHMT ini diharapkan bisa menjadi daerah percontohan untuk pemanfaatan lahan yang kurang produktif. Lahan ini kita olah dan kita lakukan pendampingan sehingga bisa dioptimalkan 50 hektare lahan yang ada di sini. Tidak hanya di lingkup Pemerintah Provinsi saja, tetapi kita juga akan melibatkan masyarakat sekitar," tukasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama