Disbudpora Kapuas Gelar Eksebisi Olahraga Tradisional Manyipet

Disbudpora Kapuas Gelar Eksebisi Olahraga Tradisional Manyipet

LATIHAN uji coba manyipet di Sei Pasah Kapuas Hilir.| foto : disbudporakps

KUALA KAPUAS - Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas, melaksanakan pelatihan dan pertandingan uji coba olah raga tradisional manyipet atau manyumpit, Jumat 10 Februari 2023 di kawasan Rumah Adat Manggatang Utus, Kelurahan Sei Pasah, Kecamatan Kapuas Hilir.

kegiatan eksebisi dan edukasi olahraga tradisional manyipet ini dilaksanakan  bersama mitra pariwisata Itah Uluh Bakumpai (IUB) wilayah Kabupaten Kapuas sebagai narasumber.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pelajar dari Korwil Kapuas Hilir di antaranya 
pelajar SMP 1 Kapuas Hilir, SMP2 Kapuas Hilir dan SMP1 Satu Atap Kapuas Hilir serta dari Komunitas Ekonomi Kreatif dan Bawi Dayak Hapakat (BDH) Kabupaten Kapuas.

"Giat ini dalam rangka pengenalan  uji tempat  lomba manyipet atau manyumpit se-Kaltengsel pada tanggal 12 Maret 2023 mendatang," kata Kepala Disbudpora, Agusthe melalui Kabid Kebudyaan, Erliansyah, Sabtu (11/2/2023).

Lomba yang akan digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Kapuas.

Selain itu, juga untuk edukasi kepada para pelajar agar mengenal peralatan dan teknik manyipet yang nantinya selain untuk pelestarian budaya juga untuk mengali potensi panyipet muda  berbakat.  

Erliansyah yang juga Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan eksebisi dan pelatihan tersebut.

Dikatakannya, kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin Disbudpora bersama steakholder terkait dalam meningkatkan daya tarik kunjungan wisata di rumah adat Betang Manggatang Utus Sei Pasah.

Olahraga tradisional manyipet atau permainan menyumpit ini merupakan permainan khas suku Dayak dalam unjuk kemahiran berburu binatang di hutan.

Manyipet menjadi permainan utama yang dilombakan dalam setiap festival peringatan hari jadi, provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama