Target 1500 Sertifikasi Aset, Disperkimtan Tanah Bumbu Yakin Tahun 2023 Mampu Selesaikan

Target 1500 Sertifikasi Aset, Disperkimtan Tanah Bumbu Yakin Tahun 2023 Mampu Selesaikan

KEPALA Disperkimtan Tanah Bumbu, Ansyari Firdaus.| foto : istimewa

BATULICIN  — Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Tanah Bumbu optimis tahun 2023 ini mampu menyelesaikan target 1500 sertifikasi aset daerah.

Kepala Dinas Perkimtan Tanah Bumbu, H Ansyari Firdaus mengatakan, bercermin di Tahun 2022 yang lalu iya yakin target tahun ini bisa terpenuhi.

"Pada tahun 2022 yang lalu, menjadi sebuah tantangan yang luar biasa menyelesaikan target seribu sertifikat, dengan perjalanan beberapa bulan belum ada pergerakan, namun berkat kerjasama BPN, perjanjian kerja bersama Kejaksaan yang lebih mendorong percepatan itu, sehingga tiga bulan terakhir mampu melebihi target hingga 1113 sertifikat," kata Ansyari Firdaus.

Ia mengungkap, bahwa hal tersebut tidak terlepas dari dorongan pimpinan daerah, serta bantuan Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kejaksaan dan Dinas PUPR.

Langkah awal mencapai target 1500 aset dimulai membangun sinergi bersama BPN. Belum lama ini pihaknya melakukan rapat dengan BPN membahas hal-hal percepatan.

Dinas Perkimtan selalu siap ke lapangan setelah mendapat data yang lengkap dari BPKAD. "Data setifikasi aset daerah diperoleh dari BPKAD sehingga setelah datanya lengkap, pihaknya akan turun ke lapangan," jelasnya.

Dinas Perkimtan juga membentuk tim seperti tahun 2022 lalu, serta melakukan monitor digroup WhatsApp terkait info dan komunikasi dengan dinas teknis.

Adapun sertifikat aset daerah meliputi tanah milik Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan aset SKPD lainnya.

"Pada Januari 2023 saat ini masih proses impentarisasi, dengan harapan Februari mendatang sudah selesai melakukan verifikasi," tutup Ansyari Firdaus yang kembali dipercaya menjabat Kepala Dinas Perkimtan.[ade]

Lebih baru Lebih lama