Kerja Sama Antar Daerah, Wagub Edy Optimis Inflasi di Kalteng Bisa Ditekan

Kerja Sama Antar Daerah, Wagub Edy Optimis Inflasi di Kalteng Bisa Ditekan

WAGUB Kalteng, H Edy Pratowo menghadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H Edy Pratowo mengungkapkan, inflasi akan terus terjadi dan didominasi oleh komoditas beras. 

"Di bulan Maret hingga April kita akan menghadapi yang namanya bulan Puasa dan Idul Fitri, sementara kenaikan harga di bulan Januari ini terjadi karena kita menghadapi Imlek. Ini yang perlu kita jaga dan mengantisipasi tiga bulan ke depan," ungkap Wagub Edy usai mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Mendagri Tito Karnavian secara virtual dari Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (24/1/2023).

Untuk itu, bebernya, ada langkah-langkah yang harus diambil, misalnya akan menghadapi panen pada bulan Maret dan April.

"Jadi, kita harus mempersiapkan penguatan cadangan pangan Pemerintah Daerah untuk stabilitas harga di daerah, termasuk salah satunya menentukan penetapan harga Pemerintah Daerah," ucapnya.

Wagub juga menekankan harus adanya kerja sama antar daerah untuk memastikan bahwa ketersediaan stok pangan aman ke depannya. 

"Kita juga akan bekerja sama di lapangan baik dengan TNI, Polri, Satgas Pangan untuk menjaga stabilisasi harga, kita harus tetap melaksanakan gerakan untuk pasar penyeimbang, pasar murah, operasi pasar, terutama menghadapi bulan Ramadan dan Idul Fitri. Dengan kerja sama yang baik, Insya Allah penanganan inflasi di Kalimantan Tengah bisa terjaga," tandasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama