Insan Pers Diharapkan Sebarkan Informasi Objektif dan Terpercaya

Insan Pers Diharapkan Sebarkan Informasi Objektif dan Terpercaya

KEPALA Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Insan Pers adalah mitra strategis Pemerintah dan memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan pembangunan. 

Melalui Insan Pers, Pemerintah bisa menyampaikan berbagai informasi secara lebih optimal kepada masyarakat, seperti program-program pembangunan yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Agus Siswadi saat membuka workshop
meningkatkan peran jurnalis dalam pembangunan dan menghadapi isu-isu tahun politik yang digelar oleh DPD Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kalteng, di Hotel Luwansa Palangka Raya, Jumat (27/1/2023).

"Di era digitalisasi ini, segala macam informasi sangat mudah dibuat dan disebarkan ke masyarakat luas, terutama melalui media sosial, sehingga banyak hoaks berseliweran. Sebagai pilar keempat demokrasi, di sini peran Pers sangat penting, menjadi rujukan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan objektif," ucapnya.

Ia menambahkan, penyebaran berita hoaks atau informasi palsu tersebut sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kegaduhan, keresahan, konflik sosial, dan perpecahan di tengah masyarakat, terlebih pada tahun 2024 mendatang akan menghadapi gelaran Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak.

"Karena itu, diharapkan kepada seluruh teman-teman Pers agar dapat turut berperan serta menjaga keharmonisan dan keutuhan masyarakat, dengan menyebarkan informasi objektif dan terpercaya, yang mencerdaskan, mencerahkan, dan menyejukkan masyarakat, khususnya di Kalimantan Tengah," tukasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama