Gandeng Bank Kalsel, Pemkab Balangan Programkan Kredit tanpa Bunga

Gandeng Bank Kalsel, Pemkab Balangan Programkan Kredit tanpa Bunga


PARINGIN - Bersama Pemerintah Kabupaten Balangan, Bank Kalsel terus berusaha membantu kemajuan para pelaku Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM), termasuk juga para petani.

Fasilitasi bantuan ini bakal diberikan Bank Kalsel dan Pemkab Balangan melalui program kredit 'Sanggam Babungas' tanpa bunga.

Komitmen ini tertuang dalam pertemuan Focus Group Discussion (FGD) bersama Kepala Bank Kalsel Cabang Balangan, ddan dihadiri Kajari Balangan dan Ketua Pengadilan Negeri Paringin, Rabu (18/1/2023).

Program itu disebut sebagai implementasi dari daerah lain yang sudah menerapkannya terlebih dahulu.

"Sebelumnya telah melakukan studi banding ke Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, tentunya juga program ini sudah dikaji sesuai aturan yang berlaku," tutur Bupati Balangan, Abdul Hadi dalam akun media sosial pribadinya.

Ia menambahkan, program tersebut wajib 100 persen untuk membantu tambahan modal pelaku usaha kecil dan program pinjaman tanpa bunga hanya untuk warga yang sudah mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Balangan.

Dengan adanya FGD ini, Abdul Hadi berharap melalui program 0 persen tersebut bisa segera terwujud pada bulan Februari 2023 ini.

"Semoga dengan direalisasikannya program tersebut dapat membantu masyarakat Balangan terbebas dari jeratan rentenir dengan pinjaman bunga yang sangat tinggi," pungkasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama