Legislator Kotabaru: Proses Usulan Pemekaran Kabupaten Terus Berjalan

Legislator Kotabaru: Proses Usulan Pemekaran Kabupaten Terus Berjalan

KOTABARU - Proses usulan pemekaran Kabupaten Tanah Kambatang Lima terus berjalan. Hal ini dikatakan oleh Ketua Tim Persiapan Percepatan Calon Kabupaten Tanah Kambatang Lima (TP2CK) Rabbiansyah. S. Sos yang merupakan anggota Komisi 1 DPRD Kotabaru, Kamis (15/12/2022).

Rabbiansyah yang akrab dipanggil Robby mengatakan, Tim Kajian Unlam akan turun ke TP2CK sebanyak 7 orang dan pihaknya juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan tim kajian teknis tersebut.

"Adapun titik pertama kunjungan tim kajian unlam adalah Desa Sungai Kupang, Cantung Barakat, yang mana waktunya pada malam hari sekitar pukul 20.00 Wita, bertempat di Gedung Pertemuan Kantor Camat Kelumpang Hulu," ucap Roby.

Anggota Komisi I DPRD Kotabaru ini menyampaikan, kemungkinan peserta dari beberapa Kecamatan yang hadir seperti Pamukan Barat, Pamukan Utara, Sungai Durian, dan Wilayah Dapil 4 yang akan dilaksanakan di Cantung.

Selanjutnya, pertemuan kedua akan dilakukan di Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tengah, Sabtu 17 Desember 2022 yang dihadiri warga masyarakat Kelumpang Utara dan Kelumpang Tengah. 

Terakhir di Desa Gunung Batu Besar pada siang harinya, yang dihadiri dari Kecamtan Pamukan Selatan, Sampanahan dan Pamukan Utara.

Kajian ini adalah syarat mutlak dari syarat mengajukan Calon DOB, terlebih nanti akan digunakan sebagai dasar meminta rekomendasi DPRD dan juga Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kajian ini bahwasanya menyatakan Tanah Kambatang Lima layak untuk menjadi sebuah kabupaten baru, dan tentu saja untuk menjawab segala bentuk personalan dan kesenjangan yang ada di rasakan oleh masyarakat daratan Kotabaru," terang Roby.

Besok juga akan dibahas terkait letak Ibu kota calon Kabupaten Tanah Kambatang Lima, yang mana di awal sudah disepakati bahwasanya letak ibu kota sepenuhnya diserahkan kepada tim kajian Unlam. 

"Karena mereka yang memahami secara data hitung-hitungan kenapa daerah tersebut layak menjadi calon ibu kota. Apalagi selentingan Ketua Tim Kajian Unlam sedikit sudah membocorkan melirik Desa Cantung Kelumpang Hulu, Bungkukan Kelumpang Barat dan juga Gendang Timburu Kecamatan Sungai Durian sebagai calon-calon ibu kota Kabupaten yang ideal," bebernya.

Untuk itu, pihaknya menunggu saja keputusannya pada saat acara. "Saya juga sebagai Ketua Tim TP2CK-TKL sudah dapat konfirmasi bahwa Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru juga berhadir di 3 titik kegiatan," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama