Siswa SLTA di Balangan Dibekali ITS Mandiri Ilmu Jurnalistik dan IT

Siswa SLTA di Balangan Dibekali ITS Mandiri Ilmu Jurnalistik dan IT

NARASUMBER memberikan materi tentang Jurnalistik dan IT kepada para siswa SLTA.| foto : istimewa

PARINGIN - Sebanyak 71 siswa SLTA di Kabupaten Balangan diberikan pembekalan oleh Institut Teknologi Sapta Mandiri tentang  Jurnalistik dan IT di Aula Serbaguna Kampus Haur Batu, Kecamatan Paringin, Rabu (16/11/2022).

Dalam pelatihan tersebut menghadirkan Kadarisman sebagai narasumber materi Jurnalistik dan Bambang Abdi Setiawan sebagai narasumber pemanfaatan dan pengelolaan website untuk media Jurnalistik dan informasi sekolah.

Rektor ITS Mandiri, Muhammad Rafi'i mengatakan, tujuan dilaksanakannya pembekalan Jurnalistik dan IT kepada siswa SLTA untuk mengenal dan mengetahui tentang jurnalistik dan pengembangan media Website untuk menyongsong era digitalisasi.

"Ada sebanyak 71 siswa SLTA di Balangan yang mengikuti pembekalan Jurnalistik dan IT ini," ujarnya.

Kegiatan pelatihan tersebut, lanjutnya, bukan hanya tentang jurnalistik, namun juga tentang bagaimana dasar-dasar pengelolaan website dan blog agar bisa menjadi media informasi dan publikasi sekolah. 

"Kegiatan ini merupakan wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan Pengajaran , penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat," tuturnya.

Baginya, ITS Mandiri memberikan manfaat sesuai dengan bidang keilmuan yang berguna di masyarakat dalam hal ini adalah untuk anak sekolah SLTA Sederajat mengenai jurnalistik dan pengembangan media Website untuk menyongsong era digitalisasi. 

"Akan dilaksanakan tindak lanjut dari kegiatan ini nantinya, seperti bootcamp ataupun webinar tingkat menengah ataupun lanjut dalam pengelolaan IT di lingkungan sekolah dan bagi para siswa," tambahnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan semangat dan motivasi untuk para siswa-siswi sekolah untuk melek teknologi dan juga bisa beradaptasi dengan perkembangan yang ada.[agus/adv]

Lebih baru Lebih lama