Pemkab Kotabaru Sepakati Pembahasan Draf Nota Kesepakatan bersama 6 Kabupaten

KOTABARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru berencana melakukan Penandatanganan Kesepakatan bersama di Enam Kabupaten tentang Pengembangan Perekonomian Daerah Melalui Pemanfaatan Transportasi Laut antar Pelabuhan yang berlangsung di Oproom Setda Kotabaru, Rabu (16/11/2022).

Kegiatan dihadiri, Sekda Kotabaru, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kotabaru, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kotabaru, Asisten Administrasi Umum Kotabaru, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Pemerintah Kabupaten Barru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu.

Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat wilayah 15 Kalimantan Selatan, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat wilayah Kaltim- Kaltara, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat wilayah 19 Sulsel-Sulbar, dan tamu undangan lainnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kotabaru, Drs Minggu Basuki selaku panitia dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini memaparkan mengenai rencana pelabuhan tol laut yang menghubungkan 6 Kabupaten/Kota.

"Yakni membahas mengenai nota kesepakatan bersama yang sudah dibahas di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju, yang kemungkinan sudah final dalam artian tinggal kita laksanakan tentang hal-hal yang masih dianggap krusial," katanya.

Dan apabila sudah final, maka kita akan melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama, Selain itu, kita juga mendengarkan paparan dari operator perencanaan pelabuhan tol laut yang akan menghubungkan di 6 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, Timur dan Sulawesi," ucapnya.

Dalam hal tersebut, Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM juga mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan yang telah berhadir di Bumi Saijaan dalam pertemuan ini. Untuk bersama-sama menghadapi Ibu Kota Negara (IKN) Baru. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru tidak lupa mengucapkan selamat datang di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana ini adalah salah satu kunjungan Bupati Kotabaru dibeberapa daerah yang di kunjungi beliau dalam rangka persiapan kita. khususnya Kalimantan dan Sulawesi, dalam rangka menghadapi Ibu KotaNegara (IKN) Baru," kata Sekda Kotabaru

Sekdakab Kotabaru juga berharap, dengan adanya tol laut ini bisa menonjolkan unggulan daerahnya masing-masing, dan paling tidak yang kita harapkan adalah potensi yang ada di Kabupaten/Kota yang bisa kita pasarkan melalui tol laut yang kita buat ini.

"Sebagai contoh yang ada di Kabupaten Kotabaru, dimana potensi masyarakatnya agraris yakni, disektor perkebunan sawit, dan kedua terbesar disektor Perikanan," ucapnya.

Jadi untuk itu, ada tukar menukar produk unggulan yang ada di daerah masing-masing. Selain itu, untuk unggulan Kabupaten Kotabaru mempunyai wisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

"Maka dari itu, Tol laut ini nantinya sangat diharapkan, selain angkutan penumpang, atau angkutan barang. Mereka juga bisa berekreasi, karena sekarang ini unggulan di Kabupaten Kotabaru adalah wisata," terang Said Akhmad, Sekda Kotabaru.

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan pembahasan draft final kesepakatan bersama tentang pengembangan perekonomian daerah melalui pemanfaatan transportasi laut antar pelabuhan yang dipimpin oleh asisten 2 Bidang perekonomian dan pembangunan Kabupaten Kotabaru Drs. Murdianto, yang diisi dengan diskusi dan sekaligus pembahasan draft perjanjian kerjasama di pimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM.[zainuddin]
loading...