Sepuluh Advokat PPKHI Kalteng Resmi Disumpah

PALANGKA RAYA - Pasca dilantik,  10 advokat dari Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Kalimantan Tengah resmi diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Palangka Raya, Dr H Zainuddin, Senin (7/11/2022)

Zainuddin berpesan kepada para advokat yang baru disumpah agar dapat bekerjasama dengan instansi penegak hukum, mengingat advokat merupakan salah satu unsur penegakan hukum di masyarakat.

“Advokat merupakan salah satu unsur penegakan hukum di masyarakat . Kami harapkan bisa bekerjasama dengan instansi lainnya dengan tujuan menegakan hukum," tuturnya.

Ia juga berpesan agar para advokat tetap menuntut ilmu sebanyak-banyaknya dan menjadi pribadi yang bijaksana, khususnya dalam membantu masyarakat pencari keadilan. 

Sementara, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PPKHI, Decky Wijaya berpesan kepada 10 advokat yang dilantik agar menjadi orang yang penuh rasa tanggung jawab, karena profesi advokat adalah profesi yang mulia.

“Kita termasuk sebagai penegak hukum, artinya akan menjadi contoh bagi masyarakat dan Kita harus membantu orang yang mengalami masalah hukum,” terangnya.

Decky mengharapkan agar para advokat yang baru dilantik menjadi orang yang bijak dan cerdas, karena profesi advokat menjadi salah satu tiang penegakan hukum.

Selain itu, Ia mengingatkan agar jangan melanggar kode etik yang ada serta menegaskan bahwa ada sanksi menanti bagi advokat yang melanggar.

“Jangan melanggar, jadilah advokat yang cerdas,” pesannya sembari mengucapkan selamat datang di keluarga PPKHI.

Terpisah, Rendha Ardiansyah selaku Koordinator pengangkatan sumpah PPKHI Pusat menyampaikan, pengangkatan sumpah advokat ini merupakan program yang terjadwal dari DPN PPKHI.

“Kami sebagai pengurus harus selalu memberikan pelayanan dan memfasilitasi para calon advokat di daerah, agar di setiap daerah bisa seimbang dalam penegakan hukum,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menekankan agar selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat kecil terkait pelayanan hukum.

Bakal Calon Ketua Umum PPKHI Kalimantan Tengah berpesan kepada para advokat advokat yang telah diangkat sumpah untuk menciptakan pelayanan hukum yang baik dan jujur di masyarakat, serta ciptakanlah penegakan hukum yang humanis dalam melayani masyarakat.

“Jaring relasi dan selalu berkontribusi dalam penegakan hukum yang berlandaskan keadilan,” pintanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPD PPKHI Provinsi Kalteng, Antonius Kristiano, Suriansyah Halim, Ketua DPC PPKHI Kota Palangka Raya serta seluruh anggota dari PPKHI di Kalteng.[deni]

loading...