Sekda Hadiri Sosialisasi Komsos Maritim Lanal Kotabaru

Sekda Hadiri Sosialisasi Komsos Maritim Lanal Kotabaru

KOTABARU - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru, H Said Akhmad menghadiri kegiatan sosialisasi Komunikasi Sosial (Komsos) Maritim Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Kotabaru dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, di Opration Room, Kamis (24/11/2022).

Komsos Maritim ini dilakukan untuk membangun kerja sama tentang pertahanan yang tertuang dalam Undang Undang Republik Nomor 3 Tahun 2002 dan Per Menhan Nomor Permen /03/M/IV/2006 tanggal 7 April 2006, tentang Pedoman Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Kerja Pengguna Anggaran  dilingkungan Departemen dan TNI.

Said mengaku sangat mendukung apa yang dilakukan TNI-AL Lanal Kotabaru mengenai Komsos kemaritiman. Perlu diketahui bersama bahwa  Kotabaru salah satu Kabupaten yang terluas mempunyai panjang pantai dan paling luas yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

"Adanya sosialisasi membuat peran di sektor perikanan paling besar yang di Kotabaru dan juga meningkatkan di sektor UMKM, sesuai dengan Visi Misi Bupati Kotabaru," ujar Said.

Ia berharap program ini berjalan sesuai dengan Visi Kotabaru yang melibatkan stakeholder untuk terus berjalan dan berkelanjutan. Beberapa program yang sudah dilaksanakan Pemkab Kotabaru adalah dengan membangun balai yang berlokasi di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru

"Program yang sudah dicanangkan TNI-AL Lanal Kotabaru, pemerintah daerah akan bersinergi bersama pihak swasta untuk mengalokasikan anggaran atau dana CSR-nya, supaya program ini benar-benar bisa dirasakan masyarakat kita khususnya masyarakat nelayan kita Kotabaru," ungkapnya.

Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setiawan SE menyampaikan, Lanal Kotabaru memperkenalkan program-program bidang potensi Maritim yang sudah dilakukan, di mana kegiatan itu ditujukan untuk membantu fasilitas dan meningkatkan kesejahteraan nelayan Kotabaru

"Apa yang sudah kami capai tidak lepas dari peran pemerintah daerah yang telah mendukung program tersebut, sehingga program TNI-AL di Kotabaru dapat terlaksana," ujar Edy.

Untuk itu, tidak bisa berdiri sendiri, dan kami juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Baik dari pemerintah daerah, stakeholder.

"Segala fasilitas yang ada di Lanal Kotabaru tidak hanya untuk Prajurit dan ABK KRI saja, akan tetapi ini juga untuk masyarakat Kotabaru, khususnya masyarakat maritim nelayan Kotabaru," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama