Potensi Karhutla di Bartim dalam Kategori Aman

Potensi Karhutla di Bartim dalam Kategori Aman

TAMIANG LAYANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Kabupaten Barito Timur (Bartim) menyampaikan prakiraan cuaca hari ini dan potensi bencana di Kabupaten setempat berdasarkan sumber data update dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Rabu 16 November 2022.

Plt Kepala Pelaksana BPBD-Damkar Kabupaten Bartim, 
Ahmad Gazali menguraikan, prakiraan cuaca di wilayah Bartim pada hari ini sebagian besar dalam kondisi berawan sejak pagi hingga malam hari, kemudian hujan ringan pada malam hari.  

"Sedikit berbeda dengan wilayah Kecamatan Patangkep Tutui, yang mana hujan ringan diprakirakan turun pada siang hari," ungkapnya.

Namun demikian, bebernya, karena dinamisnya kondisi atmosfer dan interaksinya dengan samudera/lautan di wilayah kepulauan Indonesia, maka perubahan keadaan cuaca dapat berubah sewaktu-waktu.

"Potensi banjir tingkat rendah hingga menengah diprakirakan akan terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur, yakni wilayah Kecamatan Dusun Tengah, Karusen Janang, Paju Epat dan Kecamatan Pematang Karau," tuturnya.

Dijelaskan, untuk potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Bartim ditinjau dari tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah (FFMC) di wilayah itu dalam kategori aman, alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi basah dan sulit terbakar.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu memperbaharui informasi terkait prakiraan cuaca dan kebencanaan, dan tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak serta tetap berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

"Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan selalu memantau perkembangan kondisi sekitar, sehingga resiko bencana dapat diantisipasi, dikurangi dan ditanggulangi.[siti/adv]


Lebih baru Lebih lama