Kaukus Perempuan Parlemen di Kapuas Gelar Workshop, Ini Tujuannya

Kaukus Perempuan Parlemen di Kapuas Gelar Workshop, Ini Tujuannya

FOTO bersama disela giat Workshop Kaukus Perempuan Parlemen di Kabupaten Kapuas.| foto : dprdkps

KUALA KAPUAS - Kegiatan workshop Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Kapuas digelar di salah satu hotel di Kota Kuala Kapuas, kegiatan dibuka pada Selasa 15 November 2022.

Workshop ini mengusung tema 'Peran Perempuan Dalam Dunia Politik dan Peningkatan Kualitas Kesetaraan Gender Untuk Pencapaian Keterwakilan 30 Persen di Parlemen'

Kegiatan dibuka, Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, dihadiri Wakil Ketua I DPRD Kapuas, Yohanes, Ketua Komisi I DPRD Kapuas Lawin, Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kapuas Sera Sintanola, dan anggota Kaukus Perempuan DPRD Kapuas, narasumber, perwakilan Forkopimda, serta para peserta.

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Kapuas, Sera Sintanola menyebut workshop dilakukan Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Kapuas  bertujuan dengan terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan gender.

"Kemudian mendorong pencapaian kuota 30 persen keterlibatan perempuan di parlemen, serta mengikis ketimpangan gender dalam politik," ujarnya.

Menurutnya, perempuan harus berperan dalam politik karena undang-undang mengatur keterlibatan perempuan di parlemen.

"Perempuan merupakan bagian obyek pembangunan dan memiliki hak kewajiban untuk mewujudkan kehidupan demokratis bagi isu perempuan dan anak," katanya.

Dilanjutkan Srikandi Partai Nasdem ini, upaya penguatan kapasitas perempuan secara merata, juga mendukung gerakan lahirnya kebijakan yang berpihak pada perempuan dan anak. 

Sehingga melalui KPPI diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkan demokrasi yang sehat, berkualitas, dan berkeadilan serta dapat mengambil peran dan solusi regulasi sistem serta partisipasi politik.

"Sehingga mempersiapkan perempuan yang handal. Saya berharap melalui kegiatan ini kader perempuan dapat betul-betul memahami arti politik, dan bagaimana peranan perempuan dalam dunia politik di parlemen sebagai salah satu unsur penentu kebijakan pemerintah," pungkasnya.

Ketua Panitia kegiatan Hj. Siti Rusyida dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta 60 orang berasal dari berbagai wilayah Daerah Pemilihan (Dapil), dan simpatisan kader-kader partai politik Kabupaten Kapuas.

Adapaun narasumber kegiatan ini adalah Prof Salidin Ghalib Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalsel dan Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama