Kalteng Memiliki Nilai Strategis sebagai Provinsi Penyangga IKN

Kalteng Memiliki Nilai Strategis sebagai Provinsi Penyangga IKN

GUBERNUR Kalteng, H Sugianto Sabran meninjau langsung lokasi Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau.| foto : istimewa

PULANG PISAU - Program Strategis Nasional (PSN) Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bukan semata-mata hadiah atau kepercayaan dari Pemerintah Pusat, tapi buah perjuangan yang diusulkan sejak tahun 2017 lalu kepada Presiden Joko Widodo.

Fakta ini diungkapkan Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran saat meninjau langsung perkembangan program food estate di Desa Belanti Siam dan Desa Gadabung Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (17/11/2022).

"Saat mengusulkan program ini, yang ada dalam benak saya adalah Kalimantan Tengah harus mandiri pangan, mustahil kita memiliki tanah yang subur dan wilayah yang luas ini tidak mampu menciptakan kemandirian pangan," ungkapnya.

Menurut orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut, sebagai Provinsi terluas di Indonesia dan beririsan langsung nantinya dengan Ibukota Negara Nusantara (IKN), Kalteng memiliki nilai strategis sebagai provinsi penyangga IKN tersebut.

"Mari kita satukan niat, langkah dan pengabdian untuk bersama-sama membangun Kalimantan Tengah ini. Kesampingkan kepentingan dan perbedaan, karena perbedaan itu sesungguhnya adalah berkah dan kekuatan untuk kita meraih cita-cita besar kemakmuran Kalimantan Tengah," tutupnya.[manan/kenedy]


Lebih baru Lebih lama