Ivo Apresiasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

Ivo Apresiasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

IVO Sugianto menjadi narasumber pada Workshop Pembinaan UMKM Poltekkes Palangka Raya.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran didaulat menjadi narasumber pada Workshop Pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Poltekkes Kemenkes Palangka Raya Tahun 2022, Selasa (8/11/2022).

Selain Ivo, Workshop yang dilangsungkan di Ruang Kuliah Umum Gedung Rektorat Poltekkes Kemenkes Palangka Raya tersebut juga menghadirkan narasumber lain, diantaranya Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Norhani dan Supervisor Rumah BUMN Pertamina Provinsi Kalteng, Agus Lindriyanto. 

Workshop itu sendiri dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, Mars Khendra Kusfriyadi serta diikuti 250 mahasiswa dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, dan Gizi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya.

Pada kesempatan itu, Ivo menyampaikan apresiasi kepada Poltekkes Kemenkes Palangka Raya yang tidak hanya menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan, tetapi juga mendorong mahasiswanya untuk memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship, yakni dengan berinovasi menghasilkan produk-produk makanan yang nantinya bisa menciptakan lapangan kerja baru. 

"Selain jadi tenaga kesehatan, juga bisa berwirausaha produk jajanan sehat. Kewirausahaan merupakan kemampuan untuk menciptakan value dari keterbatasan yang dimiliki dari peluang usaha yang terbatas dengan mengelola sumber daya yang ada, dan berani mengambil risiko," ucapnya.

Ivo yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng tersebut menekankan bahwa kewirausahaan harus mengedepankan kreativitas dan inovasi serta sangat terkait dengan kegiatan ekonomi kreatif.

Kegiatan workshop ini dirangkai dengan penyerahan Sertifikat Legalitas Halal Produk UMKM dari Lembaga Halal Center Cendekia Muslim Kalteng.

Sertifikat itu sendiri diserahkan langsung oleh Ivo kepada 15 pelaku usaha UMKM. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dengan Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama