Wabup Tala Buka MQK Ke-7 tingkat Kabupaten


PELAIHARI- Wakil Bupati Tanah Laut  Abdi Rahman membuka kegiatan Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK) ke-7 tingkat Kabupaten Tala di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalim Kecamatan Bati-Bati pada Selasa (18/10).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Abdi Rahman didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Tala H. Saipudin dan Pimpinan Ponpes Darussalim Jamil Hasyim.

Abdi Rahman dalam sambutannya menyampaikan,  bahwa pelaksanaan MQK di Tala dilakukan secara rutin setiap tahun agar para santri dan santriwati ada event untuk mengasah kemampuan kendati seleksi di tingkat selanjutnya tiga tahun sekali.

“MQK memperlombakan substansi dari apa yang selama ini diajarkan di Ponpes. Peserta uji kemampuan dalam membaca, memahami, menerjemahkan dan mengartikulasikan teks-teks yang terdapat dalam kitab kuning,” kata Abdi.

Abdi Rahman berharap dengan ada kegiatan ini melahirkan bakat terbaik Tala di berbagai cabang yang dilombakan di ajang MQK dan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas peminat bahasa arab di Tala.

“Kita berharap pelaksanaan MQK kali ini agar santri dan santriwati dapat mengkaji dan memahami serta mengamalkan isi yang terkandung dalam kitab yang dilombakan,"harapnya.

Ia tambahkan,  selain itu para Santri mampu  mempertahankan prestasi baik di event tingkat provinsi maupun nasional.

Diketahui, pada pelaksanaan MQK ke-7 tingkat Kabupaten Tala ini akan digelar mulai dari tanggal 18 Oktober sampai dengan 20 Oktober 2022. MQK diikuti sebanyak 217 santri dan santriwati mulai dari tingkat Ula, Wustha dan Ulya dengan 54 cabang lomba.

Terjadwal pada 2023 sebanyak 54 orang akan mengikuti seleksi MQK di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.[adv]

loading...