Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi, Bupati Tala: Akan Fokus Target RPJMD Yang Belum Tercapai


PELAIHARI - Rapat Paripurna DPRD Tala penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2023, yang digelar pada hari Senin,  (3/10).

Dilanjutkan Rapat Paripurna DPRD Penyampaian  Pandangan  Umum oleh Fraksi, selasa ( 4/10) 

Dalam Rapat Paripurna tersebut ,   Bupati Tanah Laut HM  Sukamta mendapatkan masukan     seluruh Fraksi DPRD Tala.

Diantaranya, Fraksi di DPRD memberikan masukan terkait  target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).


Fraksi juga  memberikan masukan kepada Bupati Tala,  terhadap  pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sukamta dalam memberikan keterangan di hadapan wakil Rakyat itu  menjelaskan, ihwal masukan tersebut pada Rapat Paripurna.

"Kita Fokuskan penyusunan APBD tahun  2023, dan termasuk  target RPJMD 2018-2023 yang belum tercapai, yaitu  program-program pembangunan SDM,"kata Sukamta.

Orang nomor satu di Tala itu jelaskan, pembangunan SDM  menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Tala,  melalui pemenuhan Mandatory Spending di sektor Pendidikan dan kesehatan.

"Alokasi anggaran dari total belanja daerah, minimal 20 persen pada sektor pendidikan dan 10 persen pada sektor kesehatan. Kedua sektor ini menjadi faktor penentu pembentukan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),"jelasnnya.

Ia menambahkan, penyelenggaraan  pendidikan  Paket A, B, C ,  bagi warga Tala di atas 18 tahun agar meningkatkan rata-rata lama sekolah. Selain itu  pemberian beasiswa bagi peserta didik yang tidak mampu.[adv]


loading...