Puluhan Rumah di Desa Gandang dan Kanamit dapat Program BSPS

Puluhan Rumah di Desa Gandang dan Kanamit dapat Program BSPS

PULANG PISAU - Berdasarkan data jumlah kuota yang diterima pada Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun Anggaran 2022 dari Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah I Kalimantan di  Kabupaten Pulang Pisau terdapat 79 penerima bantuan.

Itu disampaikan langsung Bupati Pulang  Pisau, Pudjirustaty Narang dalam sambutannya di acara Penyerahan Upah Kerja Tukang Peningkatan Kualitas Rumah pada Program BSPS NAHP, Senin (3/10/2022).

"Penerima bantuan BSPS Tahun 2022 ini berada di wilayah Kecamatan Maliku. Desa Gandang mendapat 30 unit rumah dan Desa Kanamit sebanyak 49 unit rumah," kata Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau.

Diungkapkannya (bupati) pembangunan tahun 2022 yang mengacu pada RPJMD 2018-2023 menjadi konsen dan perhatian serius pemerintah daerah adalah peningkatan kualitas hidup melalui pemukiman perumahan yang layak huni.

Namun, lanjut Taty, ditengah gencarnya mengejar target tersebut anggaran pembangunan yang bersumber dari APBD Kabupaten Pulang Pisau sangat terbatas, sehingga untuk mewujudkan diperlukan kerjasama dan bantuan berbagai pihak yang salah satunya atas dukungan serta bantuan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah I Kalimantan.

"Semoga melalui program BSPS ini dapat meningkatkan kualitas rumah secara swadaya, sehingga warga penerima mendapat hunian rumah yang layak dalam lingkungan sehat dan aman. Jadi, saya ucapkan selamat  kepada masyarakat penerima bantuan 
dari rumah yang semula tidak layak huni menjadi layak huni," tuturnya.

Dia (bupati) menjelaskan, saat ini usulan  bantuan terkait BSPS yang sudah disampaikan Kurang lebih empat ribu lebih atau tepatnya sebanyak 4.049 bagi masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Dari data usulan tersebut, Taty berharap dapat terakomodir secara bertahap mengingat usulan sudah masuk melalui aplikasi E-RTLH By Name By Add Address (BNBA).

"Ini akan selalu kami usulkan secara terus menerus ke Kementerian PUPR Direktorat Jenderal, dan atas nama Pemkab Pulang Pisau kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait," ucapnya.

"Dan, pada saat ini sedang berproses bantuan yang sama di wilayah Kecamatan Jabiren Raya, tepatnya di Desa Jabiren sebanyak 19 penerima bantuan," tutupnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama