Ikuti IBAB di Palangka Raya, Bupati Sisipkan Pesan Ini ke Peserta Pulang Pisau

Ikuti IBAB di Palangka Raya, Bupati Sisipkan Pesan Ini ke Peserta Pulang Pisau

PROSESI Pelepasan Peserta IBAB ke Palangka Raya oleh Bupati Pulang Pisau.| foto : manan

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, secara resmi melepas keberangkatan peserta Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) tahun 2022 ke Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Pelepasan peserta berlangsung di halaman kantor bupati daerah setempat, Kamis (27/10/2022). 

Kegiatan IBAB 2022 sendiri dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-94. 

Dimana, pada puncak acara Jumat 28 Oktober 2022 nanti dihadiri peserta terdiri pejabat daerah, organisasi kepemudaan dan pelajar utusan dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng untuk bersama-sama mengikuti apel upacara di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalteng. 

"Kepada peserta IBAB asal Pulang Pisau, saya berpesan untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan sebaik-baiknya. Jaga kesehatan, kekompakan, patuhi protokol kesehatan dan jagalah nama baik kabupaten kita," pesan Taty cukup singkat. 

Sementara disampaikan laporan panitia bahwa dasar pelaksanaan melalui hasil rapat panitia Provinsi Kalimantan Tengah dengan seluruh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raya se Kalimantan Tengah di Palangka Raya. 

Peserta sendiri merupakan perwakilan dari beberapa organisasi kepemudaan, antara lain dari KNPI, Karang Taruna, Pramuka, Pemuda Pelopor, Pemuda dan Remaja Gereja, Pemuda dan Remaja Mesjid, dan Purna Paskibraka serta ASN dari Kabupaten Pulang Pisau. 

"Untum total peserta mewakili organisasi kepemudaan dan lainnya sebanyak 36 orang, sedangkan panitia berasal ASN dan TKHL di Badan Kesbangpol Pulang Pisau 8 orang, ASN dari Dispora Pulang Pisau 12 orang serta didampingi oleh tenaga medis dan paramedis 2 orang juga patwal dari pihak kepolisian berjumlah 2 orang," kata Eka Emanuel Kabid Idiologi Wawasan Kebangsaan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama Kesbangpol Pulang Pisau membacakan laporan panita. 

Tambahnya, untuk panitia dan peserta, baik transportasi, akomodasi, kusumsi dan pakaian ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui APBD Kabupaten Pulang Pisau dalam DPA Badan Kesbangpol Kabupaten Pulang Pisau dan Dispora Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2022.

"Waktu dan tempat kegiatan di Palangka Raya (Kalteng) selama 1 hari pada tanggal 28 Oktober 2022, dan peserta berangkat pada tanggal 27 Oktober 2022 hari ini setelah selesai acara pelepasan tadi," ujar Eka.[manan]

Berikut tujuan dari kegiatan IBAB tersebut;

1. Untuk mempertemukan generasi muda, memperkokoh semangat kebersamaan dan rasa kebangsaan diantara pemuda-pemudi di Kalimantan Tengah pada khususnya;

2. Meningkatkan semangat Persatuan dan Kesatuan pemuda-pemudi dalam mengimplementasikan nilai-nilai sumpah pemuda;

3. Terbangunnya rasa kebersamaan, persaudaraan dan toleransi para pemuda-pemudi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dan

4. Adanya dialog kebangsaan dari tokoh-tokoh muda berprestasi akan mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi pemuda-pemudi untuk berkarya untuk menjadi pelopor gerakan serupa di berbagai bidang.
Lebih baru Lebih lama