Bidang CK DPUPR Pulang Pisau Siap Lanjutkan Program Prioritas

Bidang CK DPUPR Pulang Pisau Siap Lanjutkan Program Prioritas

PULANG PISAU - Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya pada bidang Cipta Karya (CK) terus melanjutkan program prioritas.

Realisasi pembangunan di akhir tahun 2022 ini pun disebutkan sudah mencapai angka 80 persen untuk fisik dan 35 persen keuangan. 

Itu dikatakan Kadis PUPR Pulang Pisau, Usis I Sangkai melalui Kabid CK Titien Maria kepada sejumlah awak media, Senin (17/10/2022) sore di ruang kerjanya. 

"Nah, di Anggaran Belanja Tambahan (ABT) sekarang ini kita rubah pola pengerjaannya. Dimana sebelumnya, baik perencanaan, fisik, pengawasan dalam satu tahun anggaran. Pada pola saat ini perencanaan akan dikerjakan di ABT, agar awal tahun fisik sudah mulai berjalan," ujarnya. 

Dia mengungkapkan, pada Desember 2022 nanti semua target tender akan terselesaikan. Lalu tanda tangan kontrak dan DPA akan disahkan pada bulan Januari 2023 kegiatan fisik sudah mulai berjalan.

"Itu agar di bulan Februari nya kegiatan fisik dapat berjalan," tukasnya. 

Lanjutnya, proyek pembangunan pada Anggran Belanja Tambahan (ABT) di tahun 2022 ini pihaknya fokus pada perencanaan pembangunan kantor baru Camat Padih Batu. 

Kemudian untuk prioritas lainnya, tambah Titien sapaan akrab Kabid CK itu, masih pada program sanitasi air bersih, khususnya pada Kecamatan Kahayan Hilir (Desa Anjir Pulang Pisau, Mantaren dan Bereng).

"Sebab, daerah kita masih banyak kekurangan saluran sanitasi air bersih, dan saat ini sudah kita lakukan perencanaan terlebih dahulu. Untuk PADM mekanisme nya ada dua macam, yang pertama kita menambah jaringan sambungan antar rumah yang kedua di unit pengolahannya," imbuhnya.

"Artinya kita merencanakan pembangunan dengan mengusulkan tiga buah rehab PDAM yang titik lokasinya di Desa Mantaren, Kelurahan Bereng dan rehab dalam kota guna memperluas pengolahan air dan menambah unit-unit sehingga kapasitasnya lebih banyak dalam menampung air," jelasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama