Harumkan Tanah Laut, SILAKAS Juara Tiga Kalsel Innovation Award 2022

PELAIHARI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Inovasi SILAKAS berhasil meraih peringkat 3 dalam babak final Kalsel Innovation Award Tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung Idham Chalid, Komplek perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru, Kamis (8/9/2022).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut, Hj Norhayati mengatakan, Kalsel Innovation award adalah gelaran lomba inovasi lingkup pemerintah provinsi kalsel yang dibagi dalam 2 kategori, yaitu kategori SKPD Provinsi Kalsel dan kategori SKPD  Kabupaten/Kota. 

"Sebanyak 34 peserta ikut ajang Kalsel Innovation Award Tahun 2022 terdiri dari 12 SKPD Provinsi Kalsel dan 22 dari SKPD Kabupaten/Kota," katanya.

Norhayati mengaku bangga atas pencapaian ini, karena aplikasi SILAKAS ini murni diinisiasi dan dibuat oleh pejabat Dukcapil sendiri sehingga tidak memerlukan biaya yang besar. 

Ia mengatakan, aplikasi SILAKAS telah diakui masyarakat sebagai aplikasi yang praktis dan memudahkan.

"Alhamdulillah saat ini SILAKAS juga diakui dan diapresiasi oleh tim penilai Kalsel Innovation Award 2022," ucapnya.

Ia berharap agar inovasi ini selalu terus dikembangkan untuk keberlanjutan pelayanan buat masyarakat di Kabupaten Tanah Laut.

Sementara itu, sang Inovator SILAKAS, Bambang Adi Wijaya mengaku tidak menyangka kalau inovasi hasil ciptaannya mendapat predikat ketiga se-Kalsel.

“Kami tidak berharap lebih, karena yang penting aplikasi yang Kami buat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Bambang jelaskan, SILAKAS adalah sistem informasi pelayanan administrasi kependudukan via smartphone. 

"Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa langsung dilayani dokumen kependudukannya tanpa tatap muda, sehingga praktis bagi siapa saja dan dimana saja sepanjang terdapat jaringan internet," tutupnya.

Seperti diketahui dari 22 proposal inovasi se-Kalsel, sebanyak 11 proposal berhak masuk babak final dan memperebutkan hadiah tropi dan uang pembinaan untuk juara I, II dan III.

Juara pertama dari Dinas Sosial HSS, juara Kedua dari PTSP Banjarbaru dan yang ketiga dari Kabupaten Tanah Laut oleh Disdukcapil.[adv]

loading...