Tekad Pramuka Terus Mengabdi Tanpa Batas di berbagai Bidang

Tekad Pramuka Terus Mengabdi Tanpa Batas di berbagai Bidang

WAKIL Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo memimpin apel besar peringatan hari pramuka ke-61 tahun 2022.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Bulan Agustus tahun 2022, segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita, karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana genap berusia 61 tahun. 

Dan pada 2022 ini pula, 110 keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia, yang mana telah ada sejak tahun 1912 silam.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Edy Pratowo ketika membacakan amanat tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso saat memimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun 2022, Jumat (19/8/2022), di halaman Kantor Gubernur setempat.

"Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan," ungkapnya.

Bentuk perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan, lajutnya, bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal.

"Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya," tukasnya.

Tampak hadir pada apel tersebut, dianraranya Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Sekda Provinsi  Kalteng H Nuryakin, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Pemprov Kalteng, para pembina-pelatih, serta anggora Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama