Mulai Besok, Festival Budaya Handep Hapakat Digelar Disbudpar Pulang Pisau

Mulai Besok, Festival Budaya Handep Hapakat Digelar Disbudpar Pulang Pisau

TECHNICAL meeting oleh panitia dan peserta sebelum lomba Festival Budaya Handep Hapakat berlangsung.| foto : Istimewa

PULANG PISAU - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), bakal menggelar perlombaan pada Festival Budaya Handep Hapakat. 

Perlombaan dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis (24-25) Agustus 2022.

Itu disampaikan Kabid Kebudayaan pada Disbudpar Pulang Pisau, Renshasd Adtrilus, SPd kepada awak media, Selasa (23/8/2022). 

"Kalau technical meeting masing-masing cabang lomba di Festival Budaya Handep Hapakat sudah kita laksanakan pada Senin, 22 Agustus 2022 di Aula Disbudpar. Saat itu peserta dan masyarakat sangat antusias sekali mengikutinya," ujar Renshasd sapaan akrab Kabid Kebudayaan. 

Dikatakannya, kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis itu berlokasi di tiga tempat antara lain, untuk cabang seni Sansana Bandar, Karungut dan Tari Pedalaman di Aula Disbudpar Pulang Pisau. 

Selanjutnya, Cabang Olahraga Tradisional seperti Mangaruhi, Balogo, Manyipet dan Lawang Sakepeng di Halaman Stadion HM Sanusi, Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau. 

"Dan cabang lomba Besei Kambe dilaksanakan di Sungai Kahayan atau di area Dermaga Taman Sumbu Kurung, Jalan Tingang Menteng," terang Renshasd. 

Dia menambahkan, kegiatan Festival Budaya Handep Hapakat ini juga dalam rangkaian memperingati Hari Jadi (Harjad) ke-20 Kabupaten Pulang Pisau pada 2 Juli lalu, dan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) tahun 2022.

"Karena lama vakum akibat dilanda Pandemi Covid-19, akhirnya kami Disbudpar Pulang Pisau dapat kembali menggelar kegiatan Festival Budaya ini. Mohon dukungan dan kerjasama seluruh pihak hingga seluruh rangkaian kegiatan kita berjalan lancar dan sukses tentunya," harap Renshasd.[manan]


Lebih baru Lebih lama