Meriahkan 1 Muharram 1444 HSD Halubau Utara Pawai dan Kunjungi Rumah Adat Banjar

PAWAI dan kunjungan ke rumah Adat Banjar dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1444 H.| foto : agus

PARINGIN - Sekolah Dasar (SD) Halubau Utara bersama TK Paud Pelangi  meriahkan 1 Muharram 1444 Hijriah dengan pawai  dan mengunjungi cagar budaya rumah Banjar di Desa Halubau Utara Kecamatan Paringin Selatan, Jumat (5/8/2022).

Kepala Sekolah SD Halubau Utara, Mariati mengatakan, dalam memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijiriah pihaknya menggelar pawai dan kunjungan  ke cagar budaya rumah Banjar.

"Kegiatan ini kami melibatkan seluruh siswa SD Halubau Utara dan Sekolah TK, untuk jumlah  seluruh peserta 62 orang," ujarnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut untuk menanamkan nilai agamis meningkat, dan supaya bisa menghargai menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan.

"Kita juga menanamkan siswa untuk bisa mengenal cagar budaya rumah Banjar, dan adat Banjar," katanya. 

Sementara itu, Guru SD Halubau Utara sekaligus Pemilik rumah adat Banjar,  Umi Kulsum menyebut, di rumah Banjar ini pihaknya mengenalkan tentang rumah adat Banjar, dari segi bangunan, peralatan dan sejarahnya.

"Kali ini kami siswa kami mengenalkan rumah Banjar yang masih terjaga dari segi bangunan, peralatan dan sejarahnya," tutupnya.[agus/adv]
loading...