Lama Terlantar, Makam Pahlawan Masrumi Layar bakal Dibenahi

MAKAM Pahlawan Masrumi - Layar di Desa Anjir Pulang Pisau.| foto : istimewa 

PULANG PISAU - Masrumi Layar merupakan nama sebuah jalan di lingkungan Desa Anjir Pulang Pisau, RT 06, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Informasi dihimpun sejumlah awak media, Pahlawan Masrumi Layar merupakan sepasang suami istri yang dinobatkan sebagai pahlawan dan makamnya diresmikan sebagai makam Pahlawan oleh Dandim Kapuas Pada tahun 1982 silam. 

Ironis, sejak Pulang Pisau menjadi kabupaten pemekaran pada tahun 2002 lalu hingga kini makam tersebut terbengkalai dan kondisi tampak tidak terawat.

Ruas jalan menuju pemakamannya pun cukup memprihatinkan, padahal Masrumi Layar merupakan pasangan pahlawan yang membela tanah air dari tangan para penjajah kala itu. 

"Jadi, nama Masrumi Layar sendiri diambil dari sepasang suami istri yang merupakan salah satu dari pahlawan kebanggan warga Pulang Pisau. Masrumi itu sebagai istri dan Layar adalah suaminya, saat ini nama mereka  dijadikan satu pada saat membuat nama  jalan sepanjang 7 kilometer hingga disebut dengan Jalan Masrumi Layar," tutur salah satu anggota BPD desa setempat Riduan kepada awak awak media. 

Lebih disayangkan lagi, lanjut Duan sapaan akrab pria yang juga aktif sebagai penulis itu, jarak ke lokasi makam dengan Kantor Bupati Pulang Pisau hanya berkisar kurang lebih 5 kilometer. 

Terpisah, kepada awak media Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau Dr Usis, I Sangkai melalui  Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Ferdinand Yacobvella menyampaikan keprihatinannya.

Menurut Ferdinan pihaknya berterimakasih atas informasi yang sudah disampaikan, namun bukan berarti Pemkab mengabaikan keberadaan makam seorang pahlawan akan tetapi selama ini minim nya data dan Informasi yang diterima.

"Kami sangat prihatin, semoga di tahun ini kami bisa memasukan program dan  membantu merenovasi makam pahlawan Masrumi Layar tersebut" tuturnya.

"Saya pribadi juga sudah mengecek kondisi makam, selanjutnya nanti akan kami upayakan menindaklanjuti keluhan masyarakat, intinya mohon pengertian dan dukungan dari semua lihak " tutupnya.[manan]


loading...