Istimewa, Paman Birin Terima Nomor Seri Khusus di Launching Uang Baru

Istimewa, Paman Birin Terima Nomor Seri Khusus di Launching Uang Baru

MARTAPURA - Bank Indonesia telah resmi meluncurkan pecahan uang kertas baru Tahun Emisi (TE) 2022 di Jakarta, Kamis (18/8/2022). Di Kalimantan Selatan sendiri, 7 pecahan uang baru ini dilaunching di Kiram Park.

Launching yang digelar Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan ini dihadiri langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dan turut dihadiri pimpinan Forkopimda Kalsel.

Di momen ini, secara simbolis BI Kalsel menyerahkan 7 pecahan uang baru siap diedarkan. Kalsel disebut merupakan provinsi pertama yang langsung diserahkan tepat pada Kamis (18/8/2022) ini usai launching di Jakarta.

Makin istimewa, karena secara khusus Imam Subarkah selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan uang baru dari Rp100 ribu sampai Rp1000 dengan seri khusus yang menandakan tahun lahir Paman Birin.

“Pak Gubernur, mohon diterima ini ada uang dengan nomor seri khusus. Mohon untuk bisa disimpan dijadikan koleksi,” tutur Imam, seraya menyerahkan uang baru dengan seri khusus tersebut.

Imam menjelaskan, uang pecahan baru ini mudah dikenali, sulit dipalsukan dan memiliki ketahanan yang lebih lama.

“Per hari ini masyarakat bisa melakukan penukaran melalui Bank Indonesia maupun bank bank lainnya,” terang Imam.

Sebagai informasi, ketujuh pecahan Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp.1000, dengan telaah visual setiap pecahan Uang TE 2022.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang Tahun Emisi (TE) 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi tersebut dimaksudkan agar uang Rupiah kian mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan.

Dengan demikian, uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI.[adv]

Lebih baru Lebih lama