Rapat Penyampaian RIP Bahaur Menuju Multipurpose sudah Digelar

KADISHUB Pulang Pisau, Dr Supriyadi saat menyampaikan paparan dj Rapat RIP.| foto : manan

PULANG PISAU - Rapat Penyampaian Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Bahaur menuju multipurpose atau sebagai pelabuhan serbaguna sudah dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), pada Kamis 14 Juli 2022.

Rapat tersebut digelar berdasarkan hasil konsep penelitian dan kajian dari Kementerian Perhubungan Laut. 

Itu disampaikan Kadishub Pulang Pisau,  Dr Supriyadi kepada awak media, Selasa (19/7/2022). 

"Nah, untuk menetapkan hal tersebut diperlukan SK Bupati mengingat pelabuhan kita itu merupakan pelabuhan pengumpul lokal, maka berdasarkan UU 23 tahun 2014 menetapkan sebagai kewenangan Bupati Pulang Pisau," katanya. 

Dijelaskan Dr Supriyadi, pada rapat tersebut telah disampaikan poin-poin yang berkenaan dengan perkembangan pelabuhan ke depannya berdasarkan  rencana tata ruang Kabupaten Pulang Pisau dan disesuaikan dengan RDTR Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur). 

"Nah untuk mendukung hal itu ada 4 buah Perda yang sedang digarap, 2 sudah digarap dan 2 Perda lainnya masih dievaluasi. Ini tidak lain untuk menambah PAD kita, karena tanah sudah dihibahkan. Makanya saya kembangkan dengan Perda tentang Badan Usaha Kawasan Kepelabuhan dan Perda tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Jalan Khusus dan Jalan Umum," tuturnya. 

"Karena pelabuhan ini kewenangan daerah kita, ke depan terkait hal tersebut menyesuaikan RDTR kecamatan setempat," imbuhnya.[manan]


loading...