Rapat Paripurna DPRD Barsel Sampaikan Dua Agenda

BUNTOK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar Rapat Paripurna ke-9 Masa Persidangan II di Gedung Graha Paripurna DPRD, Jumat (29/7/2022).

Rapat ini terkait persetujuan bersama antara Pj Bupati Barsel dan DPRD tentang Pertanggungjawaban Pelaksanan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021, serta penyampaian Laporan Hasil Reses Pimpinan dan anggota DPRD Barsel.

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Barsel, HM Farid Yusran MM dan didampingi Wakil Ketua l DPRD Barsel, Nyimas Artika, Wakil Ketua ll, DPRD Barsel Enung Irawati, serta dihadiri Pj Bupati Lisda Arriyana.

Usai rapat, Ketua DPRD Barsel  Farid menyampaikan, ada 2 agenda dalam Rapat Paripurna ke-9 ini, pertama penandatanganan persetujuan bersama tentang Pertanggungjawaban Pelaksanan APBD Anggaran Tahun 2021 yang diperdakan.

"Kenapa hari ini, karena paling lambat menurut undang-undang (UU) 7 bulan setelah tahun anggaran berakhir harus sudah disetujui bersama. Lewat dari itu, kena pinalti," ucap Farid.

Menurutnya, agenda yang kedua menyampaikan laporan hasil reses. "Perlu kami sampaikan kepada pihak Eksekutif, karena hasil reses itu yang pertama merupakan bagian dari pikiran pokok DPRD, dan kedua, seringkali pihak Eksekutif melupakan bottom up planing perencanaan dari bawah," jelasnya. 

"Kebanyakan dari atas, misalnya membangun A di desa ternyata orang desa tidak mengerti. Makanya perlu disatukan antara top down dan bottom Up planing. Bottom up planing ini kami yang menyampaikan," pungkasnya.[deni]

loading...