Pemkab Pulang Pisau Sambut Kedatangan Mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama

FOTO bersama usai penyambutan Mahasiswa KKN Kebangsaan dan KKN Bersama.| foto : manan

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, menyambut kedatangan mahasiswa KKN Kebangsaan ke-X dan KKN Bersama tahun 2022 sebanyak 310 orang. 

Penyambutan mahasiswa berprestasi dari 73 perguruan tinggi se-Indonesia itu, berlangsung di Aula Kantor Banama Tingang, Kantor Bupati Pulang Pisau, Rabu (20/7/2022). 

"Saya atas nama pribadi dan Pemkab Pulang Pisau mengucapkan selamat datang kepada peserta KKN serta dosen pembimbing lapangan. Kami merasa bangga karena KKN ini berskala nasional," ucap Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang dalam poin sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda daerah setempat, HM Syaripul Pasaribu. 

Dikatakan, kegiatan tersebut dipusatkan di dua kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, yakni Maliku (15 desa) dan Pandih Baru (16 desa).

"Karena dua kecamatan ini merupakan lokasi food estate sebagaimana tema KKN sendiri, "Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan (Food Estate) Menuju Kemandirian Nasional," katanya. 

Pihaknya berharap, dengan pengetahuan, pengalaman dan ilmu yang dimiliki mahasiswa dapat melakukan perubahan yang lebih baik, karena mahasiswa adalah agent of change atau agen perubahan yang harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat
serta mampu berperan sebagai informan, motivator dan penghubung antar sistem. 

Menjalankan hal tersebut, lanjutnya, tidaklah mudah karena permasalahan masyarakat sangat kompleks serta ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mutakhir. 

"Ini tentu menjadi tantangan bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat," tukasnya. 

Disebutkan, peran mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata atau KKN tadi juga sangat membantu pemerintah melalui pemberdayaan potensi masyarakat menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. 

"Begitupun dalam program food estate ini banyak hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa selama melaksanan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama dengan cara mengidentifikasi masalah sampai mampu merumuskan solusi yang berdampak positif terhadap keberlanjutan program food estate sebagai lumbung pangan nasional," imbuhnya. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada rektor UPR atas kepercayaannya memilih daerah kami sebagai salah satu tempat pelaksanaan KKN Kebangsaan  ke-X dan KKN Bersama tahun 2022 ini," tutup Syaripul Pasaribu.[manan]


loading...