Paman Birin Apresiasi Ground Breaking Smelter PT. ABC di Tanah Bumbu

Paman Birin Apresiasi Ground Breaking Smelter PT. ABC di Tanah Bumbu

BATULICIN - Ground breaking alias peletakan batu pertama pembangunan smelter PT Anugerah Barokah Cakrawala (ABC) dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, Senin (25/7/2022).

Pembangunan smelter ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel dan masih satu kawasan dengan pabrik biodesel PT Jhonlin Agro Raya (JAR), yang telah diresmikan Presiden RI Ir H Joko Widodo pada 21 Oktober 2021.

Peresmian ditandai penekanan tombol oleh owner PT Jhonlin Group, Andi Syamsuddin Arsyad, didampingi Gubernur Sahbirin, CNGR Advanced Material Co. Ltd Teng Wei Ming, dan Chairman Of Walsin Lihwa Coorporation, Mr Yu Lon Chiao.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengapresiasi PT. Jhonlin Group yang dapat bersinergi PT CNGR asal China membangun smelter dan akan meningkatkan ekonomi Kalsel.

“Kami atas nama pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan apresiasi kepada Jhonlin Group atas kerjasama yang dilakukan dengan PT CNGR, untuk membangun smelter nikel di Kabupaten Tanah Bumbu ini,” katanya.

Menurutnya, pembangunan smelter ini akan mendukung program hilirisasi industri yang menjadi prioritas pembangunan Kalsel serta terwujudnya kawasan industri yang akan mendukung pembangunan daerah.

Industri di dalam negeri berkembang dengan sangat cepat, hilirisasi mineral sudah menjadi keharusan demi terwujudnya percepatan pembangunan. Hilirisasi ini perlu segera dilaksanakan mengingat nilai tambah yang akan diberikan khususnya bagi perekonomian akan bertambah.

Disampaikan Paman Birin, pembangunan smelter nikel ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 serta bentuk partisipasi pelaksanaan Permen no 7 tahun 2012, yang menegaskan bahwa mulai tahun 2014 ekspor bahan mentah tidak boleh lagi dilakukan.

Hal ini kemudian harus disikapi dengan pembangunan industri pengolahan yang tentunya akan membuka peluang ekonomi bagi daerah.

Disampaikan Paman Birin, Kawasan Industri di Kabupaten Tanah Bumbu ini hendaknya dapat menjadi kawasan industri yang terpadu dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, serta partisipasi masyarakat lokal dengan melakukan pemberdayaan potensi SDM yang ada di daerah.

“Semoga pembangunan ini dapat memberikan manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan terlebih khusus di kabupaten Tanah Bumbu,” katanya.

CNGR Advanced Material Co. Ltd Teng Wei Ming, mengatakan, groundbreaking ini merupakan langkah penting dalam perencanaan yang ada di Indonesia.

Di Tanah Bumbu pihaknya akan membangun dalam beberapa tahap. Saat ini merencanakan untuk pembangunan 4 lini produksi nickle matte kadar rendah dengan kapasitas produksi 40 ribu ton.

“Ke depanya sesuai dengan kebutuhan pasar dan pelanggan kami berencana membangun nickel matte kadar tinggi, nikel sulfida, prekursor ternary dan daur ulang baterai serta membangun tatak letak industri yang terintegrasi dari hulu hingga hilir,” pungkasnya.[adv]


Lebih baru Lebih lama