Kadin jadi Mitra Pemerintah, Persiapkan Tala sebagai Penyokong IKN

Kadin jadi Mitra Pemerintah, Persiapkan Tala sebagai Penyokong IKN

BUPATI HM Sukamta saat menghadiri Musyawarah Kadin Tala.| foto : andra

PELAIHARI - Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dapat terus melakukan pembinaan kepada Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM).

Ini agar perekonomi di Tala bisa berkembang dengan baik, serta Kadin dapat segera bekerja sama bermitra sinergi dengan pemerintah agar dapat bersama mempersiapkan Tala sebagai penyokong Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

"Kabupaten Tanah Laut memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing serta memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa dan yang diperlukan yaitu mempersiapkan pengelolaan dan manajemennya," kata Sukamta dalam Musyawarah Kabupaten VII Kadin Tala di Balairung Tuntung Pandang, Senin (4/7/2022).

"Kita harus bangun secara bersama Tala sebagai produksi untuk suplai kebutuhan ibu kota baru IKN dan Tala menjadi tujuan wisata karena ini yang akan memajukan Tala, sebagai daerah produksi akan melahirkan para wirausaha baru dan sebagai tujuan wisata baru akan menumbuh kembangkan dari pada UMKM kita," kata Sukamta.

Hal senada disampaikan Iwan Karnadi, Wakil Ketua Umum Kadin, ia mengatakan Kadin adalah organisasi yang dibentuk pemerintah dan bergerak dibidang ekonomi untuk membangkitkan ekonomi di masyarakat.

"Kadin Indonesia sedang berfokus di UMKM di daerah karena pada saat genting seperti krisis tahun 1998 dan pada saat kondisi pandemi Covid-19 yang membangkitkan kembali perekonomian Indonesia adalah para UMKM," kata Iwan.

Pada rangkaian acara ini juga diisi dengan pemukulan gong tanda dibukanya Mukab VII, serta penyerahan plakat dari Ketua Kadin Kalsel kepada Bupati Tala.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama